Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Mengelola Keuangan untuk Karyawan Baru

Kompas.com - 30/10/2023, 08:01 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memulai karier sebagai karyawan baru, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah membuat perencanaan keuangan.

Banyak orang yang meremehkan pentingnya perencanaan keuangan di awal karir mereka, padahal hal ini sangat penting untuk memastikan keuangan yang stabil dan menghindari masalah keuangan di masa depan. Lalu, bagaimana cara mengelola keuangan yang baik?

Mengutip dari laman resmi Job Street, Senin (30/10/2023), berikut adalah beberapa tips mengelola gaji atau membuat perencanaan keuangan untuk karyawan yang baru bekerja.

Baca juga: 6 Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji Magang

Ilustrasi tips mengatur keuangan. Ilustrasi tips mengatur keuangan.
1. Buatlah anggaran bulanan

Langkah pertama dalam perencanaan keuangan adalah membuat anggaran bulanan. Tuliskan semua pemasukan dan pengeluaran bulanan kamu untuk mengetahui berapa banyak uang yang masuk dan keluar setiap bulan.

Dengan begitu, kamu dapat mengalokasikan uang kamu dengan lebih baik dan memastikan bahwa pengeluaran kamu tidak melebihi pendapatan.

2. Prioritaskan penghematan

Setelah membuat anggaran bulanan, prioritaskan penghematan. Identifikasi pengeluaran yang dapat dikurangi atau dihilangkan seperti jajan di luar, membayar langganan TV kabel, dan lain sebagainya.

Dengan menghemat pengeluaran ini, kamu dapat menyisihkan lebih banyak uang untuk investasi dan tabungan.

Baca juga: Tips Negosiasi Gaji untuk Fresh Graduate

3. Investasikan uang

Investasi adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kekayaan kamu. Jangan menunggu terlalu lama sebelum memulai investasi.

Mulailah dengan investasi yang aman seperti deposito atau reksa dana. Setelah kamu memiliki pengetahuan yang cukup, kamu dapat beralih ke jenis investasi yang lebih berisiko.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com