Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Meminta Kenaikan Gaji

Kompas.com - 03/10/2023, 12:13 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah bekerja sekian waktu di suatu perusahaan, tentunya kamu menginginkan adanya perkembangan.

Dalam hal ini, tidak hanya menginginkan peningkatan dari segi kemampuan, melainkan juga dari sisi pendapatan atau gaji kita sebagai karyawan.

Proses negosiasi gaji bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Jika salah langkah dalam menyampaikannya, akan berujung pada situasi yang tidak mengenakan dengan atasan, atau bahkan perusahaan.

Baca juga: Lima Cara Hemat Belanja Online agar Gaji Tak Numpang Lewat

Mengutip dari laman resmi @JobStreet, Selasa (3/10/2023), berikut adalah kiat-kiat yang dapat kamu lakukan sebelum meminta kenaikan gaji pada perusahaan:

Tanamkan percaya diri

Apabila kamu sudah memiliki pikiran bahwa pengajuan untuk naik gaji akan ditolak oleh atasan, sebaiknya kamu menunda rencana yang akan kamu lakukan tersebut.

Pasalnya, tanpa rasa percaya diri yang baik kamu akan sulit melakukan proses negosiasi gaji. Selain itu, hal tersebut juga akan menempatkanmu pada posisi yang kurang baik saat bernegosiasi.

Meminta kenaikan gaji tanpa rasa percaya diri juga meningkatkan kemungkinan hasil akhir yang tidak sesuai dengan harapan kamu. Karenanya, penting untuk menanamkan kepercayaan pada diri bahwa kamu layak untuk menerima kenaikan gaji setelah berdedikasi pada perusahaan.

Persiapkan data pencapaianmu

Pernyataan kamu akan menjadi valid jika didukung dengan data yang sumbernya kredibel. Hal tersebut, berlaku juga pada saat meminta kenaikan gaji pada perusahaan.

Kamu perlu bukti yang kongkrit atas pencapaian dalam bekerja. Persiapkanlah data mengenai pencapaian kamu selama bekerja di perusahaan tersebut.

Kamu juga bisa membuat daftar berisi pencapaian-pencapaian yang sudah dilakukan. Pahami apa saja kelebihan diri, pencapaian di perusahaan, serta potensi diri kamu yang dapat berguna untuk perusahaan nantinya.

Dengan demikian, kamu juga dapat meyakinkan atasan dan juga perusahaan bahwa kamu layak atas apa yang sudah diminta.

Baca juga: Cara Menjawab soal Gaji Saat Wawancara Kerja

Riset mengenai standar gaji di kantormu

Kamu telah menyiapkan ringkasan mengenai pencapaian kinerja, penghargaan dari perusahaan, atau bahkan testimoni dari rekan kerja serta atasan sebagai dasar untuk meminta kenaikan gaji pada perusahaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com