Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Terjadi Kebakaran Lahan, BIJB: Tidak Mengganggu Aktivitas Bandara Kertajati

Kompas.com - 03/10/2023, 10:26 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) memastikan kebakaran lahan di area Bandara Kertajati yang terjadi pada Minggu (1/10/2023), berhasil ditangani dan tidak mengganggu aktivitas di bandara tersebut.

Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda mengatakan, titik api muncul di tengah lahan kering di area Gate Pintu Masuk Bandara Kertajati, yang jauh dari gedung terminal.

Kemudian, total seluruh area bandara kertajati adalah 1.800 hektar dan area yang terdampak berada di luar area terminal, taxiway dan runway sehingga api yang muncul tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati.

Baca juga: Bocorkan Rute Kereta Cepat Menuju Surabaya, Luhut: Lewati Kertajati, Jogja, Solo...

Bandara Kertajati di Jawa Barat.DOK KEMENTERIAN PERHUBUNGAN Bandara Kertajati di Jawa Barat.

Sementara pada saat kebakaran lahan terjadi, penanganan dan pemadaman api langsung ditangani oleh petugas gabungan.

Petugas gabungan didukung antara lain 2 mobil pemadam dari Kabupaten Majalengka, dan tim gabungan personel TNI, Polri, Satpol PP serta BPBD Majalengka.

"Tim gabungan pemadam sangat sigap dan berhasil untuk menanggulangi api di lahan tersebut. Proses penanganan, fokus pada pengamanan aset di wilayah Bandara Kertajati. Pada intinya seluruh fasilitas operasional Bandara Kertajati aman," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (3/10/2023).

Dia menyebut, kesigapan petugas gabungan mengendalikan api dikarenakan kesiapan peralatan yang dimiliki tim PK-PPK Bandara Kertajati dengan menurunkan 3 Unit Kendaraan Utama Foam Tender, dengan total kapasitas air sebanyak 26.500 liter ditambah fasilitas 2 mobil pemadam kebakaran kabupaten majalengka dengan total kapasitas air 7.000 liter.

Baca juga: Bandara Kertajati Gantikan Bandara Husein, Harga Tiket Pesawat Tak Beda Jauh

Adapun total keseluruhan air untuk memadamkan api sebanyak 116.000 liter, dimana 7.000 liter dari 2 mobil pemadam kebakaran Kabupaten Majalengka, 6.000 liter bantuan air dari Polres Majalengka dan sisanya sebanyak 103.000 liter menggunakan air yang bersumber dari Ground Water Tank (GWT) dan Hydrant Pillar yang dimiliki Bandara Kertajati.

"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam penanganan. Tentunya keberhasilan ini tidak terlepas dari sinergitas seluruh stakeholder Bandara Kertajati yang tergabung dalam Komite Keselamatan Penerbangan," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com