Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 29 Oktober 2023, Bandara Kertajati akan Gantikan Bandara Husein Sastranegara

Kompas.com - 15/09/2023, 20:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akan beroperasi penuh menggantikan Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat pada 29 Oktober 2023.

Hal ini diungkapkan Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Putu Eka Cahyadi saat media briefing di Gedung Kemenhub, Jakarta pada Jumat (15/9/2023).

"Nanti per 29 Oktober (Bandara Husein) Bandung itu tidak lagi melayani angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri untuk jet dan akan dipindahkan ke Bandara Kertajati," ujar Putu.

Dengan demikian, Bandara Kertajati akan digunakan untuk angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri dengan pesawat jet, angkutan udara niaga berjadwal luar negeri, angkutan udara niaga tidak berjadwal dalam dan luar negeri, serta angkutan udara bukan niaga dalam dan luar negeri.

Baca juga: Rute dan Jadwal Damri Bandara Kertajati, Tarif mulai Rp 80.000

Sementara Bandara Husein akan melayani penerbangan untuk angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri intra Pulau Jawa dengan pesawat propeller, angkutan udara niaga tidak berjadwal dalam negeri, serta angkutan udara bukan niaga dalam negeri.

Adapun rute penerbangan dalam negeri yang dialihkan dari Bandara Husein ke Kertajati adalah rute yang saat ini dilayani dengan pesawat jet oleh maskapai PT Citilink Indonesia, PT Indonesia AirAsia, dan PT Super Air Jet.

Nantinya akan ada 7 rute penerbangan dalam negeri dari dan ke Bandara Kertajati, yaitu Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang.

Adapun rute penerbangan niaga berjadwal dalam negeri yang masih dilayani dari Bandara Husein dengan pesawat propeller adalah dari atau ke Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dengan pesawat ATR72-600.

Baca juga: Semua Penerbangan Pindah ke Kertajati, AP II Pastikan Bandara Husein Bandung Tak Sepi

"Tapi propellernya sesuai arahan pimpinan masih ada di situ (Bandara Husein) untuk melayani, karena sekarang masih melayani Bandung-Surabaya," ucapnya.

"Mungkin nanti akan ada ekspansi lain, rutenya mungkin akan bertambah tetapi denga rute propeller. Pada saat pembahasan awal masih bicara intra Jawa, mungkin nanti kita lihat possibility apakah ada di luar intra Jawa yang mungkin juga akan dilakukan oleh teman-teman maskapai," sambungnya.

Sementara untuk penerbangan internasional, Bandara Husein Sastranegara tidak lagi melayani penerbangan internasional lantaran semua jenis penerbangan internasional dilayani oleh Bandara Kertajati.

"Jadi seluruh jenis kegiatan, apakah itu berjadwal atau tidak berjadwal, ataupun bukan niaga atau niaga, sudah kita tidqk layani lagi dari (Bandara Husein) Bandung, seluruhnya akan kita laksanakan di Kertajati," tuturnya.

Baca juga: Penerbangan di Bandung Pindah ke Kertajati, AP II: Maskapai Tidak Keberatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com