Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocorkan Rute Kereta Cepat Menuju Surabaya, Luhut: Lewati Kertajati, Jogja, Solo...

Kompas.com - 30/09/2023, 07:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membocorkan rute kereta cepat menuju ke Surabaya, Jawa Timur, yang saat ini sedang dikaji oleh pemerintah.

"Presiden memerintahkan kita untuk membuat studi mengenai kelanjutan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sampai Surabaya," kata Luhut saat menghadiri acara Hub Space 2023 di JCC Senayan, Jumat (29/9/2023).

Ia melanjutkan, nantinya Kereta Cepat Jakarta Bandung menuju Surabaya akan "mampir" di beberapa kota. "Nanti melalui Kertajati, melalui Jogja, Solo, dan (terakhir) Surabaya," lanjutnya.

Baca juga: Peresmian Kereta Cepat 2 Oktober: Bakal Umumkan Logo, Nama, Tarif, dan Diskon Tiket

Luhut menambahkan, pemerintah terakhir merapatkan bagaimana proyek Kereta Cepat menyambung dari Jakarta ke Bogor. "Kemarin rapat kami untuk segera dari Bogor sampai disambungkan ke Jakarta, selebihnya sekarang sedang jalan," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan diperpanjang dari hingga Surabaya, dari saat ini hanya dari Stasiun Halim ke Tegalluar.

Baca juga: Peresmian Kereta Cepat Whoosh Mundur Jadi 2 Oktober 2023

Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Luhut mengatakan, untuk proyek KCJB baru akan diresmikan pada 2 Oktober nanti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saat ini rute kereta cepat Jakarta-Bandung melayani perjalanan dari Stasiun Halim, Jakarta, ke Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Namun, rute kereta cepat ini tidak sampai ke Kota Bandung, bahkan pemberhentian terakhir, yakni Stasiun Tegalluar, jaraknya sejauh 30 kilometer ke Kota Bandung.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan selama hampir dua pekan ini, waktu tempuh kereta cepat dari Jakarta ke Bandung sekitar 30 menit.

Baca juga: Diperpanjang sampai Surabaya, Rute Kereta Cepat Bakal Lewati Yogyakarta

(Tim Redaksi: Isna Rifka Sri Rahayu, Yoga Sukmana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com