Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebulan Beroperasi, LRT Jabodebek Layani 1,46 Juta Penumpang

Kompas.com - 29/09/2023, 21:38 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - LRT Jabodebek mencatat jumlah penumpang yang dilayani selama satu bulan pertama beroperasi (28 Agustus-28 September 2023) mencapai 1.464.913 penumpang.

Selama satu bulan, LRT Jabodebek memberlakukan tarif promo flat Rp 5.000 baik jarak dekat maupun jauh sesuai keputusan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Adapun jumlah penumpang tertinggi terjadi pada 28 September 2023 sebanyak 87.852 penumpang dengan rata-rata sebanyak 47.046 penumpang per hari.

Baca juga: Tarif Baru LRT Jabodebek Berlaku mulai 1 Oktober 2023

Penumpang terbanyak umumnya terjadi di hari libur serta Sabtu dan Minggu, mengingat banyak masyarakat yang antusias ingin mencoba moda transportasi baru yang hadir di wilayah Jabodebek.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, pada awal diresmikan LRT Jabodebek mengoperasikan 12 rangkaian kereta (trainset) dan 158 perjalanan setiap hari, serta waktu keberangkatan kereta pertama pukul 05.00 WIB dan keberangkatan kereta terakhir pukul 18.58 WIB.

Melihat jumlah penumpang LRT Jabodebek terus bertambah tiap harinya, maka jadwal perjalanan dan jam operasional pelayanannya pun diperpanjang untuk mengakomodir kebutuhan penumpang.

Baca juga: Menhub Yakin Penumpang LRT Jabodebek Tidak Turun Usai Tarif Flat Rp 5.000 Berakhir

"Saat ini LRT Jabodebek mengoperasikan 16 trainset dan 234 perjalanan setiap hari, dengan waktu keberangkatan kereta pertama pukul 05.00 WIB dan keberangkatan kereta terakhir pukul 19.58 WIB," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/9/2023).

Dia mengungkapkan, selama sebulan beroperasi LRT Jabodebek juga terus berbenah dan berkomitmen untuk selalu berupaya memberikan pelayanan sebaik mungkin.

Dia juga menyampaikan permohonan maaf atas beberapa kendala yang mengurangi kenyamanan penumpang LRT Jabodebek.

"Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi perhatian dari para penggunajasa LRT Jabodebek, yang selalu memberikan saran dan masukkan untuk peningkatan layanan LRT Jabodebek. Kami berkomitmen untuk selalu meningkatkan pelayanan guna memberikan yang terbaik bagi semua penggunajasa LRT jabodebek,” tuturnya.

Baca juga: Perbaikan Trainset LRT Jabodebek Ditargetkan Rampung pada November 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com