Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Cara Hemat Belanja Online agar Gaji Tak Numpang Lewat

Kompas.com - 01/10/2023, 10:07 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyaknya promo dan penawaran menarik di aplikasi belanja online tentunya menjadi daya tarik terendiri bagi masyarakat. Hal ini tidak jarang membuat dompet habis terkuras, padahal mungkin kamu baru saja menerima gaji bulanan.

Pada dasarnya, promo-promo yang ditawarkan oleh platform belanja memang menggiurkan. Tapi masyarakat perlu lebih paham bagaimana cara untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sehingga produk yang dibeli meskipun dengan harga diskon bisa berguna, dan tidak sia-sia.

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan, ada beberapa tips berbelanja online, tapi tidak menguras kantong saat gajian tiba. Misalnya dengan membandingkan harga, menggunakan layanan bebas ongkir, hingga memastikan promo yang bisa digunakan supaya bisa berhemat.

Baca juga: Simak Tren Belanja Online di E-commerce Usai Pandemi Covid-19

“Tokopedia berupaya menyediakan berbagai kampanye dan fitur yang sesuai untuk membuat pengalaman belanja online masyarakat makin menarik dan efisien, termasuk saat momen gajian,” ungkap Rizky dalam siaran pers, Minggu (1/10/2023).

Untuk lebih jelasnya, simak lima tips hemat belanja online setelah gajian:

1. Membandingkan harga

Ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan masyarakat ketika berbelanja secara online, mulai dari membandingkan jenis produk, membaca ulasan dan tingkat kepuasan pembeli yang tertera di halaman ulasan produk. Membandingkan harga produk sangat penting agar pembeli bisa mendapatkan harga yang paling sesuai dengan keinginan.

“Cari tahu lokasi toko dan besaran ongkos kirim yang dikenakan. Masyarakat bisa membuat belanja online makin hemat bahkan bisa mendapatkan bebas ongkir se-Indonesia dengan berbelanja produk berlogo Dilayani Tokopedia,” jelas Rizky.

Baca juga: Pasca-pandemi, Belanja Online Masih Jadi Pilihan Masyarakat

2. Cari layanan bebas ongkir

Manfaatkan fitur pilihan dan promo yang bisa bikin belanja online makin hemat, seperti flash sale, bebas ongkir dan masih banyak lagi. Bahkan banyak penjual yang memberikan penawaran paket bundling produk sehingga pembeli bisa berbelanja lebih banyak dengan harga lebih hemat.

3. Catat waktu promo dan diskon

Jeli mencatat jam promo akan membuat belanja kebutuhan sehari-hari menjadi lebih efisien. Biasanya platfom e-commerce menyediakan layanan ini sehingga konsumen bisa memanfaatkannya agar belanja jadi lebih hemat.

4. Atur jadwal berbelanja

Selain itu, platfom e-commerce juga menghadirkan layanan belanja yang memungkinkan konsumen menjadwalkan pengiriman agar belanja sesuai kebutuhan. Layanan tersebut bisa bebas ongkir sehingga bisa menghemat pengeluaran.

Baca juga: Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online di Sumatera Utara, Transaksi E-Samsat Naik Pesat

5. Manfaatkan proteksi produk

Keamanan dalam berbelanja ddidukung oleh kehadiran sederet proteksi dan asuransi produk yang bisa dipilih langsung oleh masyarakat. Proteksi Produk memberikan perlindungan pada barang yang telah dibeli juga akibat-akibat yang muncul pada saat penggunaan dalam batas waktu tertentu.

Selain untuk pembelanjaan produk, berbagai jenis asuransi juga berlaku untuk pembelian tiket travel dan entertainment di Tokopedia, mulai dari tiket pesawat, hotel hingga hiburan.

Pengguna yang memakai proteksi produk bisa mendapat ganti rugi jika pesawat mengalami keterlambatan pemberangkatan, kehilangan dan kerusakan bagasi, kecelakaan dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tiga Kesalahan yang Bikin Pembeli Malas Checkout Saat Belanja Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com