Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Terlalu Banyak Lamaran justru Tak Efektif buat Pencari Kerja

Kompas.com - 05/11/2023, 18:32 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pencari kerja, melamar beberapa lowongan kerja sekaligus memang meingkatkan peluang mendapatkan posisi baru.

Namun, mengirimkan terlalu banyak lamaran kerja dalam sekali waktu dan hanya menunggu tanggapan justru belum tentu efektif membuat pelamar dapat kerja.

Kepala ekonomi ZipRecruiter Julia Pollak menyebut, kondisi tersebut kerap disebut ekonom sebagai firehouse of application atau lamaran pemadam kebakaran.

Baca juga: 3 Hal yang Diperhatikan HRD dari Surat Lamaran Kerja, Apa Saja?

Ia menceritakan, pencari kerja sering melakukan kesalahan dengan mengirim 100 lamaran kerja dan berpikir pencarian sudah selesai.

"Jauh lebih penting untuk sering melamar pekerjaan yang baru di-posting," kata dia dilansir dari CNBC, Minggu (5/11/2023).

Menurut Julia, pencari kerja harus aktif menyesuaikan lamaran untuk posisi-posisi yang baru diiklankan tersebut.

Di sisi lain, pakar tren karier Indeed Gabrielle Davis menuturkan, ada cara yang lebih strategis untuk mencari kerja dibandingkan mengirim lamaran secara masal.

“Melamar sekitar dua hingga tiga pekerjaan sehari adalah hal yang ideal sehingga kandidat dapat fokus dalam menyesuaikan resume mereka, termasuk kata kunci dan keterampilan spesifik yang berhubungan dengan lowongan pekerjaan tersebut,” ujar dia.

Pencari kerja harus fokus pada lowongan yang relevan dan terkini. Pasalnya, pemberi kerja mungkin menerima lebih dari 100 lamaran per lowongan.

Pencari kerja yang mendaftar lowongan kerja yang sudah lama akan mengurani kemungkinan lamaran dilihat pemberi kerja.

Baca juga: 5 Cara Membuat Surat Lamaran Magang yang Baik dan Benar

Survei Perekrutan Baru ZipRecruiter menemukan, 89 pekerja menerima tanggapan dari perusahaan pencari kerja dalam waktu seminggu atau kurang.

Artinya, perusahaan yang melakukan perekrutan bergerak sangat cepat ketika mendapatkan kandidat yang disukai.

Oleh karena itu, jika pencari kerja melamar lowongan tetapi tidak mendapat tanggapan dalam waktu seminggu, lanjutkan saja pencarian.

Lebih lanjut, pencari kerja tidak disarankan untuk melamar beberapa lowongan dalam satu perusahaan. Tetap melamar posisi yang relevan dengan latar belakanga dan ketrampilan.

Kalau tidak, hal tersebut justru akan merusak peluang secara keseluruhan.

Baca juga: Tips dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com