Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Targetkan Operasional LRT Jabodebek Mulai Normal pada Desember 2023

Kompas.com - 07/11/2023, 17:57 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan permasalahan pada LRT Jabodebek yang mengganggu operasional kereta cepat ini akan rampung pada Desember 2023.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, permasalahan pada LRT Jabodebek ini merupakan kewenangan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI selaku operator.

Namun demikian, Kemenhub selaku regulator akan mengamati lebih dalam untuk mencari tahu penyebab masalah guna menemukan solusi permasalahan.

Baca juga: DPR Soroti Stasiun LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Whoosh Bocor: Kayak Air Bah

Ilustrasi LRT Jabodebek. Dok. KAI Ilustrasi LRT Jabodebek.

Hingga saat ini, Kemenhub telah dua kali melakukan rapat dengan PT KAI untuk membahas permasalahan LRT Jabodebek mulai baik dari sisi sarana maupun prasarana.

"Dari keterangan KAI, mereka akan meng-improve itu dan insya Allah pada bulan Desember semuanya bisa berjalan dengan baik," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Menhub bilang, pihaknya juga tengah mencari cara untuk mendorong percepatan perbaikan LRT Jabodebek agar bisa beroperasi dengan normal kembali.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menyebut, saat ini pihaknya tengah mengkaji penyebab masalah yang dialami oleh sarana LRT Jabodebek.

Baca juga: Ada LRT Jabodebek, KCI Sebut Jumlah Penumpang KRL Jabodetabek Meningkat

"Saat ini dengan konsultan dari itu sedang memastikan apa permasalahan utama dari LRT kemarin. Yang kedua, kami upayakan meningkatkan layanan LRT," kata Risal.

Risal mengatakan, pihaknya juga tengah melakukan beberapa perbaikan agar operasional LRT Jabodebek bisa kembali seperti semula.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com