Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCIC Gelar Kompetisi Kartun Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kompas.com - 08/11/2023, 13:10 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi pembuatan komik dengan tema “Kereta cepat Jakarta-Bandung" resmi diluncurkan. Kompetisi ini merupakan kerja sama antara Kereta Cepat Indonesia-China, Indonesian Cartoonist Federation, International Daily News, China Chamber of Commerce di Indonesia, Power China dan China Railway Engineering Corporation.

Lomba ini diselenggarakan menyusul beroperasinya kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara, sebuah proyek bernilai miliaran dollar AS yang didukung oleh China. Kereta peluru buatan China bernama “Whoosh” ini dibangun untuk membawa lebih dari 600 orang dari Bandung dan ke Jakarta hanya dalam waktu 45 menit, dan merupakan bagian dari inisiatif infrastruktur Belt and Road Tiongkok.

Kompetisi ini terbuka bagi para kartunis dan penulis dari Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara. Sesuai dengan persyaratan kegiatan, hasil karya yang akan dilombakan harus merupakan karya original pribadi dengan hak kekayaan intelektual yang tidak dapat disangkal, konten yang sehat, tema yang khas, gagasan baru, dan gagasan positif.

Baca juga: China Dikabarkan Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Menhub Buka Suara

Adapun spesifikasi ukuran karya yang akan dilombakan adalah ukuran kertas A4, dengan komposisi gambar yang lengkap, lebar penuh, dan jelas, tidak ada batasan banner atau format vertikal, tidak ada batasan warna atau hitam putih. Komik digital yang akan dikompetisikan juga harus dalam format JPG, dan ukuran file harus lebih besar dari 500KB.

Setiap kontestan dibatasi pada dua karya (hanya satu yang dapat memenangkan hadiah), dan judul dapat dalam bahasa Indonesia, Mandarin, atau Inggris. Bagi kamu yang berminat, hasil karya harus dikirim ke alamat email yang ditunjuk: xw196111xw@gmail.com dengan batas waktu pengiriman sampai dengan 7 Desember 2023.

Baca juga: DPR Soroti Stasiun LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Whoosh Bocor: Kayak Air Bah


Adapun hadiah bagi para pemenang kompetisi untuk Kategori Kartun Peringkat 1 bakal mendapat uang tunai senilai Rp 15 juta, Peringkat 2 sebesar Rp 7,5 juta, Peringkat 3 sejumlah Rp 2,5 juta, dan 10 Pemenang penghargaan keunggulan, per orang mendapatkan Rp 1 juta.

Untuk Kategori Komik, pemenang Peringkat 1 mendapat uang tunai sebesar Rp 25 juta, untuk Peringkat 2 mendapatkan Rp 15 juta, dan Peringkat 3 memperoleh Rp 5 juta. Untuk 10 Pemenang penghargaan keunggulan, per orang mendapat uang senilai Rp 2 juta.

Penghargaan akan diumumkan di Stasiun Kereta Cepat Halim Jakarta pada 18 Desember 2023. Pameran komik keliling juga akan digelar di empat stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Karya pemenang akan dipajang di berbagai stasiun di sepanjang jalur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com