Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuhi Kebutuhan Metanol, HUMI Beli Kapal Tanker

Kompas.com - 13/11/2023, 07:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI), emiten yang bergerak pada segmen transportasi energi dan jasa maritim terintegrasi melakukan penambahan armada dengan pembelian kapal Oil & Chemical Tanker.

Kapal tanker ini akan dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap bahan dasar Biodiesel B35, yakni metanol.

HUMI merealisasikan pembelian 1 unit Oil & Chemical tanker dari 3 unit yang ditargetkan pada belanja modal atau capex 2023. Kapal dengan 8,821 DWT bernilai 6 juta dollar AS diserahterimakan di Batam pada Rabu (8/11/20243) lalu.

Baca juga: Anak Usaha Pertamina Targetkan Punya 130 Kapal Tanker Hingga 2025

Ilustrasi kapal tanker. SHUTTERSTOCK/BOB63 Ilustrasi kapal tanker.

Tirta Hidayat, Direktur Utama HUMI menyatakan, pembelian kapal Oil & Chemical Tanker tersebut merupakan salah satu bentuk strategi ekspansi perseroan dalam memenuhi kebutuhan metanol yang terus meningkat.

Peningkatan permintaan terhadap metanol merupakan dampak dari diperlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2023 terkait konservasi energi, di mana pemerintah akan meningkatkan persentase pencampuran bahan bakar nabati dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis minyak solar dari 30 persen (B30) menjadi 35 persen (B35).

Dengan meningkatnya kebutuhan bahan bakar nabati, metanol sebagai bahan dasarnya pun ikut meningkat.

“Selain itu, bukan hanya methanol yang menjadi 'driver' sektor kimia atau chemical ini. Berkembangnya industri nikel yang akan meningkatkan permintaan terhadap kebutuhan caustic soda dan asam sulfat," jelas Tirta dalam keterangan tertulis, Senin (13/11/2023).

Baca juga: Angkut Kargo Chemical, Pertamina Beli Kapal Tanker Medium Range

Tirta mengungkapkan, caustic soda dan asam sulfat ini sangat dibutuhkan oleh pabrik smelter dan juga pabrik baterai di Indonesia.

“Dengan demikian, PT PCS Internasional (PCSI) selaku anak usaha dari HUMI telah memiliki enam unit kapal chemical yang akan mendorong pertumbuhan bisnis perseroan,” ungkap Tirta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com