Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Keterisian Pesawat di Bandara Kertajati Mencapai 75 Persen

Kompas.com - 13/11/2023, 22:43 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat tingkat keterisian penumpang pesawat atau load factor di Bandara Kertajati, Majalengka meningkat sejak resmi menerima perpindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung mulai 29 Oktober 2023.

Sejak 29 Oktober 2023, load factor terus meningkat mulai dari 50-60 persen hingga mulai 1 November 2023 load factor menyentuh 70-75 persen. Load factor sekitar 70 persen mencerminkan operasional yang positif bagi maskapai.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, tren peningkatan load factor ini menandakan Bandara Kertajati diminati masyarakat.

Baca juga: Bagaimana Nasib Bandara Husein Sastranegara Setelah Penerbangan Beralih ke Kertajati?

"Saat ini load factor telah menyentuh 70-75 persen, di mana angka ini cukup positif bagi maskapai. Bandara Kertajati diminati masyarakat dan AP II bersama maskapai akan terus berupaya untuk meningkatkan load factor ini ke depannya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (13/11/2023).

Sementara itu dari sisi jumlah penumpang pesawat, saat ini Bandara Kertajati melayani sekitar 2.160 penumpang per hari pada hari biasa dan mencapai 3.000 penumpang per hari saat akhir pekan.

"Seperti misalnya pada Jumat 3 November yang mencapai 3.612 penumpang. AP II dan maskapai akan terus berupaya meningkatkan jumlah penumpang," ucapnya.

Malaysia Airlines buka penerbangan di Bandara Kertajati

Selain itu pada Senin (13/11/2023), Bandara Kertajati juga mulai membuka penerbangan dari Malaysia Airlines untuk rute Bandara Kertajati-Kuala Lumpur dan sebaliknya.

Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda mengungkapkan, penerbangan dari Kuala Lumpur mendarat di Bandara Kertajati pukul 19.50 WIB.

Sementara penerbangan dari Bandara Kertajati berangkat ke Kuala lumpur pukul 20.50 WIB.

"Penumpang pesawat di penerbangan dari dan ke Kuala Lumpur ini didominasi wisatawan dan pebisnis. Ada dua maskapai yang mengoperasikan rute ini, yaitu AirAsia dan Malaysia Airlines," tutur Nuril.

"Jawa Barat menjadi destinasi favorit bagi wisatawan Malaysia, dan Bandara Kertajati akan menyambut para wisman dengan baik didukung fasilitas pelayanan dan penunjang yang sangat lengkap," tambahnya.

Baca juga: Bandara Kertajati Ditarget Layani hingga 12 Juta Penumpang Per Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com