Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Akses Stasiun Kereta Cepat Whoosh Karawang Akan Dibangun, PUPR: Masih Perlu Pembebasan Lahan

Kompas.com - 14/11/2023, 20:14 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempersiapkan pembangunan jalan tol untuk aksesibilitas Stasiun Kereta Cepat Whoosh Karawang. 

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, saat ini proses pembangunan jalan tol ini baru memasuki tahap pengukuran. Namun belum dilakukan penetapan lokasi (penlok).

"Lagi diukur. Penloknya belum," ujarnya saat ditemui di Hotel The Westin, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Baca juga: Stasiun Kereta Cepat Whoosh Karawang Beroperasi Awal 2024

Kondisi Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sesaat sebelum pemberangkatan pada Selasa (31/10/2023)KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Kondisi Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sesaat sebelum pemberangkatan pada Selasa (31/10/2023)

Saat ditanyai target dimulainya konstruksi, Endra menyebut, pihaknya ingin agar proyek pembangunan jalan tol untuk akses Stasiun Karawang dapat dilakukan secepatnya.

Namun, dalam prosesnya tersendat pada pembebasan lahan lantaran masih banyak lahan milik warga yang belum dibeli pemerintah.

"Masih perlu ngebebasin (lahan warga). Kita tunggu penloknya, kita sudah usulkan. Jawa Barat itu kan dari pak Gubernur," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menargetkan pelaksanaan konstruksi Proyek Aksesibilitas Tol menuju Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung harus dimulai akhir tahun ini.

Baca juga: Tingkat Keterisian Kereta Cepat Whoosh Capai 98,5 Persen

"Awal pelaksanaan konstruksinya harus tahun ini," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (6/9/2023) lalu. 

Hedy mengatakan, pelaksanaan Proyek Aksesibilitas Tol ke Stasiun Kereta Cepat sudah ada pembagiannya, dan Kementerian PUPR mendapatkan tugas untuk melakukan pembebasan lahan di Karawang, Jawa Barat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com