Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Pilot Garuda Berfoto dengan Mahfud MD di Kokpit Pesawat, Dirut: Kami Telah Panggil...

Kompas.com - 17/11/2023, 19:35 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk buka suara terkait foto Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD bersama dua orang pilotnya dengan pose tiga jari.

Foto ini dapat dilihat di akun Instagram Mahfud MD @mohmahfudmd yang diunggah pada Kamis (16/11/2023). Mahfud MD merupakan calon wakil presiden dengan nomor urut 3.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, kejadian tersebut menjadi perhatian perusahaan. Sebab, seharusnya karyawan Garuda sebagai salah satu maskapai BUMN dapat menjaga metralitas di masa pemilihan umum (pemilu) seperti saat ini.

Baca juga: Wamen BUMN: Merger Citilink-Pelita Air Tunggu Garuda Indonesia Sehat

"Ke depannya kami akan kembali mengingatkan kepada seluruh karyawan tentang pentingnya menjaga semangat netralitas, utamanya pada masa-masa sekarang ini," ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (17/11/2023)

Oleh karenanya, dia telah memanggil dua pilot terkait untuk memberikan keterangan dari kejadian tersebut. Perseroan juga akan melakukan pembinaan kepada keduanya.

"Kami juga telah memanggil awak penerbang tersebut untuk menjelaskan kejadian tersebut serta melakukan pembinaan termasuk terkait dengan aspek prosedur keselamatan penerbangan, sesuai ketentuan kepegawaian yang berlaku," ucapnya.

Dalam postingan Mahfud MD, diketahui nama ketiga pilot tersebut, yaitu Kapten Widiyatno sebagai pilot dan Dirga sebagai Co-pilot.

Baca juga: Penghapusan TBA Tiket Pesawat Ditolak, Dirut Garuda Usul Ini

"Lagi asik2nya menikmati penerbangan Garuda di atas langit Sumatera tadi, tiba2 sy dihampiri pilot pesawat yg saya tumpangi. Capt Widiyatno mengajak ngobrol sebentar, lalu menawari foto bersama di kokpit. Wah senangnya saya..

Kami berfoto dgn senyum masing2, tak ketinggalan pula salam #TigaJari dari kami semua.

Terimah kasih, Capt Widi dan Co-pilot Dirga," tulis Mahfud MD dalam Instagram pribadinya.

Baca juga: Sebut Penumpang Periode Natura Bakal Naik, Bos Garuda: Selain Berlibur juga Lagi Asyik-asyiknya Kampanye...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com