Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otorita IKN: Investor Asing Sudah Masuk, Bermitra dengan Investor Domestik

Kompas.com - 20/11/2023, 11:53 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa hari lalu mengatakan belum ada satu pun investasi asing yang masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menanggapi hal tersebut, Deputi Bidang Pembiayaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Agung Wicaksono mengatakan, investor asing sudah masuk dalam pembangunan IKN Nusantara.

Investor asing tersebut, kata Agung, masuk melalui kerja sama atau bermitra dengan investor domestik.

Baca juga: Ke San Francisco AS, Otorita IKN Kantongi 5 Kerja Sama dengan Perusahaan Swasta

Suasana pekerjaan proyek pembangunan IKN di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) November 2023.
KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATON Suasana pekerjaan proyek pembangunan IKN di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) November 2023.

"Sudah masuk (investor asing) melalui atau bersama mitranya investor domestik tadi ada 6 itu, bisa kita lihat dan ini sejalan dengan pak Presiden juga waktu groundbreaking kedua, beliau bilang, kalau asing masuk tapi harus ber-partner, bermitra dengan yang domestik," kata Agung dalam konferensi pers secara virtual, Senin (20/11/2023).

Agung mencontohkan, beberapa investor domestik yang bermitra dengan investor asing dalam pembangunan IKN Nusantara yaitu, PLN bermitra dengan Sembcrop dari Singapura, Pakuwon dengan Marriot International dari Amerika Serikat, dan Hotel Nusantara dan Swissotel (Accor Group Swiss).

Kemudian, RS Mayapada dan Apollo Hospital India, Training Center PSSI dan FIFA, dan Nusantara Intercultural School dengan Jakarta International School.

"Hotel Nusantara bermitra dengan Swissotel, kemudian PLN bermitra dengan Sembcrop Singapura, RS Mayapada dengan Apollo Hospital dan lain sebagainya," ujarnya.

Baca juga: Pusat Riset Stanford di IKN Mulai Dibangun Februari 2024

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebutkan, belum ada satu pun investasi asing yang masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Namun, Presiden meyakini bahwa investor luar negeri segera masuk ke IKN setelah investor dalam negeri bergerak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com