Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Tanpa Awak Jadi Transportasi di IKN, Bakal Uji Coba Saat HUT RI

Kompas.com - 15/11/2023, 16:11 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan memiliki transportasi umum berupa bus tanpa awak yang disebut autonomous on demand public transport.

Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan, bus tanpa awak ini akan beroperasi di wilayah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Berbeda dengan kendaraan bus listrik lainnya yang bisa keluar masuk IKN, bus tanpa awak ini hanya beroperasi di sekitar Sumbu Kebangsaan di KIPP IKN.

Baca juga: Proyek Perumahan Jadi Primadona di IKN

"Kalau autonomous itu mungkin di sekitar Sumbu Kebangsaan. Kalau yang lainnya yang in and out ya EV biasa, ada driver-nya. Bus listrik biasa," ujarnya saat ditemui di Hotel The Westin, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Dia menyebut bus tanpa awak ini ditargetkan sudah bisa diujicobakan saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79. Seperti diketahui upacara HUT RI tahun 2024 akan dilaksanakan di IKN.

Oleh karenanya, saat ini OIKN tengah mengejar penyedia jasa internet untuk memenuhi kebutuhan sinyal bus tanpa awak ini. Sebab, untuk mengoperasikan bus tanpa awak dibutuhkan sinyal internet 5G agar perjalanannya lancar.

"Harus 5G, internetnya enggak bisa yang 4G. Nanti delay-delay gitu kan perintahnya harusnya belok, dia telat beloknya. Kalau 5G dia seamless kan," jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk memfasilitasi layanan bus tanpa awak nantinya akan dibangun halte-halte untuk naik dan turun penumpang bus.

Kemudian, bus tersebut akan berjalan secara otomatis mengitari rutenya dan hanya akan berhenti di halte jika ada penumpang yang ingin naik dan turun bus.

"Nanti orang datang ke halte, terus dia pencet gadgetnya. Dia kan aplikasi tuh modelnya, jadi enggak usah pake pencet-pencet di sana bisa di handphone sendiri," ungkapnya.

"Jadi ada campur kayak Grab. Bedanya yang datang ada supirnya kalau Grab kan. Kalau ini enggak ada, cuma engineer saja," tambahnya.

Baca juga: Jokowi Groundbreaking Proyek Area Pacuan Kuda di IKN Bulan Depan

Pengadaan melalui lelang

Untuk memastikan teknologi bus tanpa awak ini, pihaknya akan mengundang provider teknologi untuk memberikan proof of technology kepada OIKN supaya produk yang ditawarkan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan OIKN.

"Baru nanti kalau memang bagus, pengadaannya baru kita beli," kata dia.

Hal ini dilakukan karena OIKN menghindari membeli teknologi yang ada di pasaran lantaran dalam kurun 2-5 tahun ke depan tekbologi tersebut akan tertinggal.

"Kita tuntut provider teknologi, kamu bisa enggak bikin kayak gini untuk saya? Karena ini untuk masa depan kami, bukan membeli barang yang sudah ada di pasar," tukasnya.

Adapun nantinya untuk pengadaan bus tanpa awak ini akan dilakukan dengan sistem lelang. Namun saat ini proses lelang masih belum dimulai.

Baca juga: Kemenhub Kaji Pembangunan Kereta Otonom di IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com