Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[Kompasianival 2023] Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia Lebih Baik

Kompas.com - 25/11/2023, 17:52 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Kepala Sekretariat Nasonal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kementerian PPN/Bappenas Pungkas Bahjuri Ali mengatakan perkembangan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) mengalami tekanan cukup berat.

Hal tersebut dia katakan saat menjadi pembicara secara virtual di Kompasianival 2023 "Sustanation" yang diselenggarakan di Bentara Budaya Jakarta, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Menurut Pungkas, berdsasarkan data capaian pada tahun 2022, pencapaian SDGs di Asia Pasifik diperkirakan akan melewati tahun 2030.

"Pencapaian SDGs di Asia Pasifik diperkirakan akan melewati tahun 2030. Berdasarkan data capaian tahun 2022, misalnya, dengan laju capaian seperti sekarang maka SDGs diperkirakan baru akan tercapai pada tahun 2065," katanya.

Untuk Indonesia sendiri, dikatakan Pungkas, pencapaiannya menunjukkan pemajuan yang cukup baik berdasarkan Sustainable Development Report tahun 2023.

Dikatakannya, Indonesia saat ini berada pada peringkat ke-75 dari 166 negara atau naik signifikan dibandingkan empat tahun yang lalu yaitu peringkat 102.

Demikian pula dengan di kancah ASEAN, Indonesia menempati peringkat 4 dengan nilai indeks 70,2 setelah Singapura, Vietnam, dan Thailand.

"Capaian yang baik ini masih memerlukan percepatan untuk mencapai target tahun 2030," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa masih dibutuhkan kolaborasi semua pihak untuk mencapai capaian pada 2030 demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Menurutnya, melalui visi Indonesia Emas 2045 dapat menjadikan Indonesia sebagai negara nusantara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan.

"Cita-cita yang mulia ini akan mengantarkan Indonesia menuju negara kepulauan yang memiliki ketangguhan politik, ekonomi, keamanan, dan budaya bahari, sebagai poros maritim dunia," katanya.

Adapun Kompasianival merupakan wadah dan ruang bagi para content creator, mulai dari blogger, komunitas, hingga pegiat media sosial untuk bisa saling bertemu, berinteraksi, dan bertukar pikiran serta.

Tahun ini Kompasianival mengusung tema “Sustaination”. (IBN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com