Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[Kompasianival 2023] Almira Bastari Bagikan Tips Menulis Buku hingga Bisa Dilirik Penerbit

Kompas.com - 25/11/2023, 20:30 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Ketika mengisi sesi Sustain Class "Menulis Buku Hingga Lolos ke Penerbit, Apakah Sulit?" yang digelar di Bentara Budaya Jakarta, Jakarta, Sabtu (25/11/2023) siang, Almira Bastari berbagi proses menulis buku hingga bisa lolos ke penerbit.

Ia menyampaikan hal terpenting yang harus dimiliki penulis ketika ingin menjadi penulis adalah ide. Ketika sudah menemukan ide, penting untuk segera mengolahnya.

“Ide yang ada di kepala kita mungkin juta ada di kepala orang lain, hanya tinggal siapa yang ingin mewujudkannya,” ungkap Almira.

Menjadi seorang penulis, kata Almira, itu artinya kita sudah mengerti bagaimana memulai cerita.

“Ketika seorang penulis masih diselimuti pertanyaan seperti bagaimana sih cara memulai cerita, itu artinya kita harus lebih banyak membaca lagi. Tak masalah mau itu membaca dongeng, atau apapun,” katanya.

Selanjutnya ketika sudah menemukan ide, tugas penulis adalah mengolah ide itu menjadi tulisan dan harus ditulis secara konsisten hingga tamat.

Almira mengatakan menulis ini tak harus dilakukan setiap hari, namun jika bisa setiap hari menulis itu jauh lebih baik.

"Biasanya saya itu baru menulis pas weekend. Tapi, ketika sudah weekend seringnya cuma dapat satu kalimat. Itu ngga papa, sebab lebih baik kita menambah satu kalimat di setiap jadwal kita menulis, daripada tidak ada sama sekali," kata Almira.

Tugas selanjutnya, menurut Almira adalah mengirim tulisan yang sudah tamat ini ke penerbit, atau bisa juga dengan mempublikasikannya sendiri.

"Zaman sekarang ini banyak penerbit yang berburu tulisan lewat media sosial atau platform penulisan lain seperti salah satunya Wattpad. Dulu ketika saya mengirimkan naskah pertama, saya kirim pakai amplop dan harus tunggu 3 bulan untuk dapat respons dari penerbit," ungkap Almira.

Meski tulisan kita sudah sampai ke penerbit, jelas Almira, tugas penulis belum selesai. Seorang penulis selanjutnya harus menjalin komunikasi dengan penerbit melalui editor yang akan memberikan banyak masukan terhadap tulisan kita.

"Penulis yang baik menurut saya adalah mereka yang bisa bekerja sama dengan editornya. Karena editor itu sebenarnya mewakili pembaca," jelas Almira.

Sebagai penutup, Almira juga berpesan pentingnya kita membuat branding diri kita sebagai penulis. Sebab menurutnya membuat branding ini juga jadi salah satu bagian marketing. (IBN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com