Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elnusa Kembangkan Inovasi Perangkat Uji Produksi Sumur Geothermal

Kompas.com - 29/11/2023, 13:38 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Elnusa Tbk (Elnusa), melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Utama (SCU), bersinergi dengan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) melakukan kerja sama pengembangan perangkat uji kapasitas produksi sumur geothermal untuk mendapatkan real-time data yang lebih akurat, efektif, dan efisien. Perangkat ini diberikan nama Geoflowtest.

Sinergi antara PGE dan SCU ini diharapkan dapat menjadi kontribusi strategis untuk mengakselerasi Indonesia bertransisi ke energi geothermal yang jauh lebih bersih, dan minim polusi.

Direktur SCU Adi Yatama Adi Guna, menyampaikan, kerja sama ini menjadi salah satu wujud nyata kontribusi SCU mendukung perkembangan bisnis di Pertamina Group yang dapat membuka potensi peluang bisnis.

"Harapan yang besar diletakkan pada kesuksesan perangkat uji terbaru ini, karena dengan terealisasinya alat tersebut dapat menjadi bukti bahwa SCU turut serta dalam mewujudkan transisi energi yang lebih ramah lingkungan serta mendukung misi net zero emission di Indonesia,” kata Adi melalui keterangaan pers, Rabu (29/11/2023).

Cerita di balik inovasi perangkat uji

Menurut PGE, saat ini kegiatan pengujian kapasitas produksi sumur di lapangan masih dilakukan secara konvensional dengan tingkat risiko safety yang tinggi dan juga berpotensi menaikkan nilai error pada data hasil uji produksi.

Dampaknya sangat krusial, dikarenakan hasil data tersebut digunakan untuk melihat performance sumur dan monitoring kontinuitas reservoir lapangan geothermal.

Berdasarkan kondisi tersebut dan berbekal dari pengalaman operasi-produksi yang cukup lama di industri geothermal, Mohamad Husni Mubarok PhD, selaku Production & Operation Excellence Manager di PGE, berhasil menginisiasi dan mengembangkan konsep desain sebuah inovasi perangkat Well Test IoT yang Portable sebagai jawaban dari technology gap dan permasalahan uji produksi yang ada saat ini.

Selanjutnya, pengembangan konsep dan manufaktur perangkat tersebut dikerjakan oleh SCU sebagai pengembang perangkat IoT.

SCU yang dalam hal ini memiliki kapabilitas dibidang IoT (Internet of Things) sebagai bagian dari kompetensi layanan ICT (Information communication and technology), mendapat kepercayaan untuk mengembangkan perangkat Geoflowtest.

Perangkat ini berfungsi untuk mengolah dan menyajikan data uji produksi yang selama ini dilakukan secara manual untuk dapat diakses secara real-time oleh user, tujuannya untuk meningkatkan keakuratan data dan efisiensi waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil data olahan dari lapangan ke user sehingga on-going evaluasi dan monitoring dapat dilakukan secara komprehensif.

Pada tanggal 15 – 21 November 2023, tim Production and Operation Excellence PGE dan Research and Technology Center SCU berhasil melakukan deployment dan uji coba perangkat di lapangan dengan hasil yang memenuhi syarat dan sesuai dengan ekspektasi.

Kinerja Elnusa

Sebagai informasi, PT Elnusa Tbk (ELSA) melaporkan kinerja keuangan (unaudited) kuartal III 2023 dengan pencapaian yang lebih baik dari kinerja pada periode yang sama di tahun 2022.

Per kuartal III 2023, Elnusa membukukan laba bersih Rp 407 miliar, atau tumbuh 40 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 291 miliar.

Untuk pendapatan konsolidasian selama sembilan bulan pertama di 2023 mencapai Rp 8.983 miliar, tumbuh 5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 8.572 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com