Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Jaga Kelestarian Lingkungan, Sinar Mas Tanam Ratusan Pohon di Jabodetabek

Kompas.com - 30/11/2023, 10:52 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sinar Mas melalui Sinar Mas Land dan Sinar Mas Agribusiness & Food menanam ratusan pohon dalam Gerakan Tanam Pohon Bersama di Hutan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur (Jaktim), Rabu (29/11/2023).

Kegiatan yang melibatkan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Penanaman Pohon Sedunia. Adapun gerakan ini diikuti oleh sektor swasta dan pemerintah yang peduli, berfokus pada tindakan konkret berupa penanaman serta pemeliharaan secara berkesinambungan.

Managing Director Sinar Mas Ferry Salman mengungkapkan bahwa kegiatan penghijauan merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga: Mulai Banyak Pemukiman Liar di Muka Kuning, Kelestarian Lingkungan Dipastikan Terjaga

“Menghijaukan bumi bukanlah tugas satu entitas saja,tetapi juga tugas bersama seluruh masyarakat. Melalui seluruh pilar usaha, kami berupaya tak sekadar menanam, tetapi juga memelihara tanaman itu dengan melakukannya lewat perusahaan, sebagai karyawan, dan juga selaku pribadi di sekitar tempat tinggal,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (30/11/2023).

Ferry berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan dorongan moral dan inspirasi kepada berbagai pihak untuk ikut serta dalam upaya penghijauan dan melestarikan lingkungan.

Untuk diketahui, Sinar Mas melakukan penanaman ratusan pohon di sejumlah lokasi, seperti Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak di Jakarta Pusat dan Rusun Rorotan serta Hutan Kota Waduk Cincin di Jakarta Utara (Jakut).

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Tumbuh Tumbuh Subur di Dapur

Sinar Mas mendedikasikan beragam jenis tanaman, seperti pohon tanjung, bungur, bungur merah, kiacret atau spathodea, dan pohon trembesi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan bahwa kegiatan tanam pohon dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap perubahan iklim dan menghadapi dampak pemanasan global.

Kegiatan tersebut, kata dia, juga dilakukan sebagai upaya mengatasi polusi di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

Baca juga: Sejumlah Wilayah di Jabodetabek yang Berpotensi Alami Banjir pada 1-10 Desember 2023

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat dan utamanya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta beserta seluruh pemerintah di Jabodetabek dan perusahaan yang ikut berpartisipasi,” imbuh Jokowi.

Sebagai informasi, dalam penanaman tersebut juga hadir Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com