Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Diskon Tarif Tof Selama Nataru, Ini Alasan Jasa Marga

Kompas.com - 05/12/2023, 05:09 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) tidak akan mengusulkan diskon tarif tol selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyatakan, alasan pihaknya meniadakan diskon tarif tol karena pergerakan mobil pada periode libur Nataru tidak seramai seperti saat libur Hari Raya Idul Fitri.

“Kami di JSMR enggak usulkan tarif di bawah Natal dan Tahun Baru. Karena masih bisa ditampung, mobilisasi angkanya di bawah Lebaran,” ujar dia seperti dilansir Antara, Senin (4/12/2023).

Baca juga: Selama Nataru Bakal Ada Pembatasan Angkutan Barang, Catat Tanggalnya

Saat periode Lebaran sebut dia, penerapan diskon tarif tol dilakukan bertujuan untuk menghindari penumpukan kendaraan pada waktu tertentu.

“Di Lebaran, kami untuk distribusikan lalu lintas, biar enggak numpuk satu waktu, periode Lebaran kemarin kan panjang. Jadi, ada titik- titik waktu yang jadi puncak. Kapasitas jalannya walau ada rekayasa lalu lintas tetap enggak ketampung. Jadi, tujuannya diskon tarif untuk distribusi lalu lintas,” katanya.

Lebih lanjut Lisye mengatakan, Jasa Marga telah berkoordinasi secara intens dengan berbagai pihak, mulai Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kepolisian RI, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, hingga pemerintah daerah setempat.

Koordinasi tersebut dalam rangka persiapan untuk mengantisipasi peningkatan layanan, peningkatan volume, serta kepadatan pada jalur, gerbang tol, maupun rest area.

“Langkah antisipasinya seperti apa, mulai dari rekayasa lalu lintas. Dari sisi internal, sarana prasarana akan kita tambahkan untuk mengatur lalu lintas dan kepadatan penambahan mobile reader untuk penambahan jumlah transaksi,” ujar Lisye.

Baca juga: Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik dan Balik Nataru 2023/2024 Akan Terjadi 2 Kali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com