Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Anak Buah Sri Mulyani Bantah Tudingan Bea Cukai Persulit Barang Masuk TKI | Karyawan di IKN Bakal Bebas Pajak Penghasilan

Kompas.com - 05/12/2023, 05:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. Anak Buah Sri Mulyani Bantah Tudingan Bea Cukai Persulit Barang Masuk TKI

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menampik tudingan yang menyebutkan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mempersulit masuknya barang yang dibawa oleh para pekerja migran Indonesia (PMI) atau tenaga kerja Indonesia (TKI).

Sebelumnya, Kepala Badan Pelindungan Pekejera Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani menyatakan bahwa terdapat 102 kontainer berisi barang milik TKI yang ditahan Bea Cukai.

"Kami sangat menyangkan Kepala BP2MI teralalu sering bicara ke publik tanpa koordinasi," ujar Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, dalam unggahan akun resmi X-nya, dikutip Senin (4/12/2023).

Selengkapnya simak di sini

2. Karyawan Bekerja di IKN Bakal Dibebaskan Pajak Penghasilan

Pemerintah menyiapkan sejumlah insentif bagi masyarakat yang bersedia tinggal dan bekerja di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

Salah satu insentif yang disiapkan adalah terkait pembebasan pajak penghasil (PPh) pasal 21.

Staf Ahli Kementerian Keuangan Yon Arsal mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan berbagai insentif fiskal untuk menarik minat partisipasi pembangunan IKN.

Ketentuan "pemanis" itu sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, Dan Fasilitas Penanaman Modal Bagi Pelaku Usaha Di Ibu Kota Nusantara.

Lalu siapa saja yang dapat? Baca di sini

3. Jalur Kena Longsoran di Lintas Cirebon-Purwokerto, 12 Kereta Api Terdampak Rekayasa Operasi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjelaskan, terdapat 12 kereta api yang terdampak yang perjalanannya akibat longsor di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul - Karangsari (Lintas Cirebon - Purwokerto) pada Senin (4/12/2023) dini hari.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, longsor akibat curah hujan yang tinggi ini menyebabkan dua jalur untuk sementara waktu belum dapat dilalui.

Oleh karenanya, demi keselamatan dan penanganan jalur hilir dan hulu yang terdampak maka perjalanan kereta dialihkan memutar ke lintas utara melalui Semarang dan ke lintas Selatan melalui Bandung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com