Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gen Z, Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Mengajukan Kartu Kredit

Kompas.com - 07/12/2023, 12:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartu kredit adalah produk perbankan yang banyak diminati nasabah untuk kebutuhan dana. Ini termasuk nasabah Gen Z yang telah memasuki dunia kerja dan memiliki penghasilan.

“Seiring dengan bertambahnya usia konsumen, mereka menyadari bahwa mereka membutuhkan produk seperti kartu kredit,” kata Paul Siegfried, SVP dan pemimpin bisnis kartu kredit di TransUnion, dikutip dari CNBC, Kamis (7/12/2023).

Bagi Anda yang merupakan Gen Z, memiliki kartu kredit pertama merupakan langkah penting dalam perjalanan finansial Anda karena itu berarti Anda mulai membangun skor kredit.

Baca juga: Pay Later Tidak Lebih Baik dari Kartu Kredit, Mengapa?

Ilustrasi kartu kredit.SHUTTERSTOCK/OLLEG VISUAL CONTENT Ilustrasi kartu kredit.

Namun, penting bagi Anda untuk menggunakan kartu kredit dengan hati-hati dan penuh pertimbangan seperti halnya keputusan keuangan lainnya yang Anda buat.

Pemegang kartu kredit pertama kali harus mengetahui tujuan menggunakan kartu kredit dan bagaimana penggunaan kartu kredit dapat membantu atau merugikan keuangan mereka.

Menurut Leslie Tayne, pengacara terkait utang di Tayne Law Group, ada tiga hal yang harus diperhatikan Gen Z sebelum mengajukan kartu kredit.

1. Tentukan jenis reward yang diinginkan

Kartu kredit menawarkan berbagai jenis reward, yang merupakan keuntungan besar jika menggunakan kartu kredit dibandingkan hanya mengandalkan kartu debit. Pengguna kartu kredit dapat mendapatkan cashback atau memperoleh poin dan miles setiap kali melakukan transaksi dengan kartu kredit.

Baca juga: Mendobrak Pasar Kartu Kredit yang Stagnan

Meskipun semua ini mungkin terdengar menarik, beberapa program reward mungkin lebih cocok untuk Anda dibandingkan program lainnya.

Misalnya, jika Anda tidak sering bepergian, tidak masuk akal untuk mendapatkan kartu kredit yang memungkinkan Anda memperoleh miles dari transaksi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com