Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Liburan Akhir Tahun? Simak Dulu Tips Libur "Anti Boncos" Ini

Kompas.com - 10/12/2023, 17:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sekian lama bekerja keras hampir setahun penuh, saatnya melepas penat dengan berlibur. Liburan bisa saja solo traveling, atau liburan bersama teman, keluarga, serta pasangan.

Berlibur ke lokasi wisata unik memang menyenangkan, tapi kalau kamu Gen Z dan milenial enggak punya strategi, liburan akhir tahun bisa malah menguras kantong banget, alias bikin boncos

Nah, ini beberapa tips liburan akhir tahun anti boncos buat kamu, Gen Z dan milenial, dari Perencana keuangan sekaligus Head of Advisory & Investment Operations PINA Rista Zwestika.

Yuk simak.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Gen Z Setelah Terima Gaji

1. Buat anggaran dan "stick on budget"

Tips yang paling penting adalah membuat anggaran dan patuhi anggaran tersebut. Buatlah anggaran yang realistis sesuai dengan jumlah uang bonus yang kamu dapatkan.

"Jangan lupa untuk memasukkan semua pengeluaran, mulai dari transportasi, penginapan, makan, hingga oleh-oleh," ujar Rista kepada Kompas.com, Minggu (10/12/2023).

2. Pesan tiket dan penginapan jauh-jauh hari

Jika kamu ingin mendapatkan harga yang lebih murah, pesanlah tiket pesawat dan penginapan jauh-jauh hari. Biasanya, harga tiket dan penginapan akan lebih mahal jika dipesan mendekati tanggal liburan.

Baca juga: Orangtua Harus Tahu, Ajari Anak Menabung Bisa Jadi Pangkal Perilaku Konsumtif

3. Pilih destinasi wisata yang sesuai dengan budget

Ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat liburan akhir tahun. Pilihlah destinasi wisata yang sesuai dengan budget kamu.

"Jika kamu memiliki budget yang terbatas, kamu bisa memilih destinasi wisata lokal yang harganya lebih murah," lanjut Rista.

4. Masak sendiri makananmu

Jika kamu ingin menghemat pengeluaran, kamu bisa memasak sendiri makananmu selama liburan. Masaklah makanan yang simpel dan praktis. Kamu juga bisa membawa bekal dari rumah.

Baca juga: Perbedaan Perilaku Belanja Online: Gen Z FOMO, Milenial Lebih Stabil

5. Bawa perlengkapan sendiri

Jika kamu menginap di hotel, kamu bisa membawa perlengkapan sendiri, seperti handuk, sabun, dan peralatan mandi lainnya.

Dengan membawa perlengkapan sendiri, kamu bisa menghemat biaya laundry dan perlengkapan mandi.

6. Jangan lupa untuk berhemat

Saat liburan, ada banyak hal yang bisa membuat kita boros, seperti belanja oleh-oleh, nongkrong di kafe, dan bermain game online. Usahakan untuk berhemat dan kontrol pengeluaranmu.

Itulah beberapa tips liburan akhir tahun anti boncos ala gen Z dan milenial. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kamu bisa berlibur dengan menyenangkan tanpa harus menguras kantong.

Baca juga: 7 Kesalahan Keuangan Milenial yang Tidak Boleh Dilakukan Gen Z

Tips tambahan

Jika kamu ingin liburan bersama teman, kamu bisa patungan untuk biaya transportasi, penginapan, dan aktivitas wisata.

Kamu juga bisa mencari promo dan diskon yang ditawarkan oleh agen perjalanan atau hotel.

"Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur cashback dan potongan harga yang ditawarkan oleh aplikasi pembayaran digital," pungkas Rista.

Semoga tips-tips ini bisa membantumu untuk berlibur dengan menyenangkan tanpa harus boncos.

Selamat berlibur!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com