Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Barang dan Jasa Antarnegara Melalui Ekspor dan Impor

Kompas.com - 14/12/2023, 11:50 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Transaksi barang dan jasa antarnegara melalui ekspor dan impor adalah perdagangan internasional. Yang mana kegiatan perdagangan antarnegara disebut dengan ekspor dan impor.

Mengutip Study, impor adalah aktivitas mendatangkan alias membeli barang atau jasa yang diproduksi di luar negeri untuk dipakai di dalam negeri.

Ada beberapa alasan negara melakukan impor antara lain harga produksi barang atau jasa dari luar negeri yang lebih murah. Kemudian barang atau jasa tertentu tidak bisa diproduksi di dalam negeri, dan impor dilakukan demi efisiensi.

Sebaliknya, ekspor adalah mengirimkan atau menjual barang atau jasa yang diproduksi di dalam negeri ke luar negeri. Negara yang melakukan ekspor akan mendapatkan keuntungan yang disebut dengan devisa.

Baca juga: Pengertian Ekspor Impor, Manfaat, dan Contohnya

Kegiatan perdagangan antarnegara

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, transaksi barang dan jasa antarnegara melalui ekspor dan impor adalah perdagangan internarnasional.

Kegiatan perdagangan antarnegara melibatkan pertukaran barang, jasa, dan modal antara dua atau lebih negara.

Perdagangan internasional memainkan peran penting dalam ekonomi global, memungkinkan negara-negara untuk memanfaatkan keunggulan komparatif mereka, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan memperluas akses terhadap berbagai barang dan layanan.

Berikut adalah beberapa kegiatan perdagangan antarnegara yang umum terjadi:

Baca juga: 6 Manfaat Ekspor dan Impor bagi Ekomomi Suatu Negara

1. Ekspor

Ekspor adalah kegiatan menjual barang dan jasa dari suatu negara ke negara lain. Produk-produk yang diekspor dapat melibatkan barang konsumsi, bahan baku, atau barang modal.

2. Impor

Impor adalah kegiatan membeli barang dan jasa dari negara lain untuk digunakan di dalam negeri. Ini memungkinkan negara untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan produksi yang tidak dapat dipenuhi secara lokal.

3. Perdagangan barang

Melibatkan pertukaran fisik barang antara negara-negara. Ini mencakup berbagai jenis barang, mulai dari bahan mentah, produk pertanian, hingga barang konsumsi dan barang modal.

4. Perdagangan Jasa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com