Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Sektor Kereta Api Sedang pada Masa Jayanya...

Kompas.com - 21/12/2023, 15:12 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut sektor perkeretaapian tengah dalam masa kejayaan. Hal ini terlihat dari telah dioperasikannya kereta cepat Whoosh pada 17 Oktober 2023 dan LRT Jabodebek pada 28 Agustus 2023.

Kemudian juga inovasi-inovasi pada layanan kereta api yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI seperti layanan KA Panoramic maupun kereta ekonomi dengan kursi premium atau kereta ekonomi new generation.

"Secara jujur saya sampaikan bahwa sektor kereta api sedang pada masa jayanya. Tercatat beberapa produk-produk yang sangat baik sudah dioperasikan. Kita tahu kereta cepat Whoosh sudah berjalan, LRT jabodebek sudah dilaksanakan, lalu KA Panoramic sudah dilakukan, dan semua itu diberikan apresiasi yang baik oleh masyarakat," ujarnya saat Apel Gelar Pasukan Angkutan Nataru di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Baca juga: Sebut Pembangunan Infrastruktur Tak Lagi Jawasentris, Menhub Beberkan Buktinya

Kendati demikian, dia mengimbau agar PT KAI dan para pelaku di industri perkeretaapian untuk tetap mempertahankan kinerja dan konsisten dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kadangkala apabila seseorang atau suatu lembaga itu merasa sukses mereka lengah. Oleh karenanya saya menegaskan lagi bahwa apa yang harus dilakukan harus konsisten," ucapnya.

Dia juga meminta pekerja PT KAI untuk melayani masyarakat dengan baik, terutama di masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) seperti saat ini.

"Di kala masyarakat libur, teman-teman kita libur, kita harus kerja melayani dengan hati, lakukan itu maka insya Allah kita bisa lakukan dengan baik. Kepada petugas lapangan saya juga mengapresiasi kalian sudah bersedia tidak libur, berpanas-panas, tidak pulang ke rumah," tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menyebut akan melaksanakan arahan dari Menhub untuk menjaga konsistensi dalam melayani masyarakat.

Salah satunya dengan mempersiapkan angkutan Nataru dengan baik dari sisi sarana maupun prasarana agar keamanan dan keselamatan penumpang terjamin.

"Sesuai arahan pak menteri kita diminta menjaga keselamatan. Pak Menhub juga memberi apresiasi produk baru, jasa baru. Tetapi diminta tetap konsisten jaga keamanan dan keselamatan sehingga kereta api bisa menjadi moda transportasi pilihan masyarakat," ucap Didiek.

Baca juga: 2 Bulan Beroperasi, Ketepatan Waktu Kereta Cepat Whoosh Nyaris 100 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com