Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Feeder Whoosh Tabrak Mobil, 214 Penumpang Dialihkan, KCIC Minta Maaf

Kompas.com - 14/12/2023, 19:32 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengalihkan jadwal perjalanan 214 penumpang, imbas tertabraknya mobil oleh kereta pengumpan atau feeder Kereta Cepat Whoosh.

Kecelakaan terjadi antara feeder Kereta Cepat Whoosh relasi Bandung-Padalarang dengan minibus jenis Daihatsu Sigra di Kampung Sumur Bor, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Kamis (14/12/2023) sekitar pukul 13.00 WIB.

Adapun minibus tersebut berisikan 6 penumpang. Kecelakaan itu membuat 2 orang penumpang meninggal dunia, serta 4 lainnya mengalami luka berat.

Baca juga: Kata Menhub soal Penambahan Stasiun Kereta Cepat Whoosh di Kopo

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, akibat insiden tersebut, perjalanan 214 penumpang Kereta Cepat Whoosh keberangkatan Padalarang menggunakan KA G1232 yang semula dijadwalkan pukul 13.19 WIB menjadi terhambat.

Pada akhirnya pihak KCIC mengalihkan perjalanan menjadi menggunakan KA G1234 dengan keberangkatan pukul 14.17 WIB.

"Seluruh penanganan penumpang dapat terlayani dengan baik dan lancar," ujar Eva dalam keterangan tertulis, Kamis (14/12/2023).

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Sudah Digunakan oleh 718.000 Penumpang

Ia bilang, saat menunggu jadwal perjalanan Kereta Cepat Whoosh selanjutnya, 214 penumpang tersebut diberikan service recovery oleh KCIC berupa makanan dan minuman.

"KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan 214 penumpang KA Feeder Kereta Cepat tujuan Padalarang yang perjalanannya terganggu," kata dia.

Lebih lanjut, Eva menjelaskan, kecelakaan antara feeder KA Cepat Whoosh dengan mobil, membuat feeder yang seharusnya tiba pukul 13.01 WIB di Stasiun Padalarang mengalami keterlambatan lantaran harus menunggu di Stasiun Cimahi untuk memastikan jalur kembali aman.

Baca juga: PII Buka Suara soal Jaminan Pembayaran Utang Kereta Cepat ke China

Sementara itu, proses evakuasi mobil pun dilakukan dengan selesai pada pukul 13.33 WIB. Usai proses evakuasi, feeder KA Cepat Whoosh baru bisa diberangkatkan dari Stasiun Cimahi pukul 13.42 WIB, yang selanjutnya tiba di Stasiun Padalarang sekitar pukul 13.55 WIB.

Kondisi tersebutlah yang pada akhirnya membuat perjalanan KA Cepat Whoosh lainnya menjadi terhambat dan dialihkan ke jadwal selanjutnya.

"KCIC akan terus berkordinasi dengan KAI untuk menghadirkan layanan Kereta Cepat Whoosh dan KA feeder yang terintegrasi dengan baik," ucap Eva.

Baca juga: Tampung Usul Moeldoko, Operator Kereta Cepat Terbuka Bahas Kerja Sama

Sebagai informasi, KA feeder adalah layanan integrasi antarmoda berbasis kereta api yang dioperasikan oleh KAI untuk menghubungkan Stasiun Bandung dan Stasiun Kereta Cepat Padalarang.

Untuk memudahkan penumpang, jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Feeder selalu menyesuaikan dengan jadwal perjalanan KA Cepat Whoosh di Stasiun Padalarang.

Baca juga: Berapa Anggaran untuk Penjaminan Utang Kereta Cepat? Ini Kata Dirut PT PII

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com