Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Jogja-Solo Beroperasi Fungsional Tanpa Tarif Mulai Hari Ini, Simak Jadwalnya

Kompas.com - 22/12/2023, 10:34 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mengoperasikan secara fungsional jalan Tol Solo-Yogya-YIA Kulon Progo mulai dari Kartasura sampai Karanganom. Pengguna Jalan yang melalui jalan ini selama jadwal operasi fungsional tidak dikenakan tarif tol alias gratis.

Jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura-Karanganom) akan dioperasikan saat arus mudik pada 22 sampai 31 Desember 2023 dan saat arus balik pada 1 sampai 3 Januari 2024.

Pada periode tersebut, PT JMJ akan membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura-Karanganom) pada jam operasional jalur mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Baca juga: Malam Ini Jalan Tol Pamulang-Cinere Beroperasi Fungsional, Gratis!

Ilustrasi jalan tolDok. Jasa Marga Ilustrasi jalan tol

Perlu dicatat, kendaraan yang diperbolehkan melintas ialah kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukan untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 km per jam.

Direktur Utama PT JMJ Suchandra P Hutabarat mengatakan, pengoperasian jalur fungsional tanpa tarif ini bertujuan mendukung pelayanan kepada masyarakat yang mudik dan berlibur di wilayah Solo dan Yogyakarta pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Berbeda dari pelayanan saat lebaran Idul Fitri lalu yang hanya dibuka dari Kartasura yakni akses Gerbang Tol (GT) Colomadu sampai Jl Sawit sepanjang 6 kilometer, pada periode Nataru kali ini jalur fungsional dibuka lebih panjang dari akses GT Colomadu dan on/off Banyudono hingga Karanganom sepanjang 13 kilometer.

Perkerasan jalan jalur fungsional kali ini berupa konstruksi rigid pavement.

Baca juga: Diskon Tarif Tol Trans Jawa Selama Nataru, Ini Jadwal dan Ketentuannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com