Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatur Keuangan dengan Metode 50-30-20: Manfaat dan Caranya

Kompas.com - 29/12/2023, 11:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mencapai tujuan finansial, ada baiknya Anda mengatur keuangan secara cermat. Namun, mengatur keuangan kerap kali sulit dilakukan.

Salah satu cara mengatur keuangan adalah dengan metode 50-30-20. Ini dilakukan dengan membuat anggaran dengan membagi pendapatan Anda menjadi tiga kategori.

Pertama, 50 persen untuk kebutuhan seperti sewa rumah, cicilan kredit rumah, dan makanan. Kemudian, 30 persen untuk kebutuhan seperti hiburan, liburan, dan makan di luar.

Baca juga: Catat, 6 Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Boncos di Tahun 2024

Ilustrasi anak muda mengatur keuangan, gen Z menabung dana darurat. SHUTTERSTOCK/PRATHANKARNPAP Ilustrasi anak muda mengatur keuangan, gen Z menabung dana darurat.

Adapun 20 persen untuk tabungan dan pelunasan utang.

“Template ini adalah pendekatan yang lugas dan sangat efektif untuk mengelola keuangan Anda. Ini seperti GPS keuangan Anda, memberikan petunjuk yang jelas untuk mengalokasikan pendapatan Anda," kata Rodney Williams, salah satu pendiri platform keuangan SoLo, dikutip dari Mind Body Green, Jumat (29/12/2023).

Cara mengatur keuangan dengan metode 50-30-20 menawarkan pendekatan yang seimbang dalam mengelola keuangan.

“Hal ini memastikan bahwa individu memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan penting, memungkinkan kesenangan pribadi, dan menekankan pentingnya menabung dan bebas utang,” jelas Amy Colton, penasihat keuangan dan partner di Forefront Wealth Partners.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Gen Z Setelah Terima Gaji

Cara mengatur keuangan dengan metode 50-30-20

“Pertama, Anda perlu mengetahui posisi Anda,” ujar Michael Ashley Schulman, partner pendiri dan kepala investasi di Running Point Capital Advisors.

Untuk melakukan itu, lacak pendapatan dan pengeluaran Anda setidaknya selama satu bulan. Kategorikan pengeluaran menjadi pengeluaran tetap dan pengeluaran sewaktu-waktu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com