Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut Siap Mundur, Sri Mulyani Hadiri Pertemuan WEF di Swiss

Kompas.com - 18/01/2024, 15:07 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati disebut-sebut siap untuk mengundurkan diri dari kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ekonom senior Faisal Basri.

Di tengah isu tersebut, Sri Mulyani terpantau masih aktif menjalankan tugasnya sebagai menteri keuangan RI.  Saat ini dia sedang menghadiri rangkaian acara Forum Ekonomi Dunia (WEF) 2024 di Davos, Swiss. Bendahara negara telah tiba di Davos sejak 14 Januari lalu.

"Meski di tengah salju dan cuaca dingin, semangat untuk membangun kolaborasi dan mengatasi permasalahan dunia harus tetap berjalan," tulis Sri Mulyani, dalam unggahan akun resmi Instagram-nya, dikutip Kamis (18/1/2024).

Baca juga: Bisakah Imbal Hasil Surat Utang RI Serendah Jepang? Ini Kata Stafsus Sri Mulyani

Dalam acara pertemuan tahunan tersebut, Sri Mulyani tampak aktif menghadiri dan berpartisipasi berbagai kegiatan. Mengawali lawatan kerjanya, ia sempat bertemu langsung dan bertukar pikiran dengan CEO Youtube Neal Mohan.

"Di tengah suasana Davos yang dingin, kami berbincang hangat mengenai Creators Economy / ekonomi yang diciptakan dan digerakkan oleh para kreator konten di platform ini," tulis Sri Mulyani.

Tidak hanya bertemu dengan pelaku usaha, Sri Mulyani juga sempat bersua dengan Menteri Keuangan Arab Saudi, Mohammed Al-Jadaan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bertemu Menteri Keuangan Arab Saudi Mohammed Al-Jadaan di Davos, Swiss.Facebook Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bertemu Menteri Keuangan Arab Saudi Mohammed Al-Jadaan di Davos, Swiss.
Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani menceritakan banyak hal terkait kunjungan kerja teranyar ke Arab Saudi serta langkah Indonesia menjadi pemegang saham terbesar ketiga dari Islamic Development Bank (IsDB).

"Sebelum menghadiri pertemuan WEF, saya bertemu dengan Menteri Keuangan Arab Saudi, Mohammed Al- Jadaan. Setelah sebelumnya saya tak sempat bertemu pada saat kunjungan kerja ke Arab Saudi akhir tahun lalu," tulis Sri Mulyani.

Baca juga: Sri Mulyani Bebaskan Pajak Impor Senjata hingga Panser

Sebagai informasi, Ekonom senior Faisal Basri menyebutkan, terdapat sinyal Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengundurkan diri dari posisinya. Ia bahkan menyebutkan, Sri Mulyani menjadi menteri paling siap untuk meninggalkan pemerintahan Jokowi.

Menurut dia, hal tersebut menjadi masuk akal bagi seorang menteri teknokrat yang tidak berkecimpung dalam partai politik. Ia menilai, seorang teknokrat memiliki nilai etik dan moral yang kuat.

"Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani yang paling siap untuk mundur," ujar dia, dalam Political Economic Outlook 2024.

Kompas.com sudah mencoba menghubungi sejumlah pejabat di lingkup Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memastikan kabar tersebut. Namun, sampai dengan artikel ini ditayangkan, Kompas.com belum menerima balasan.

Baca juga: Prabowo Sebut Anggaran Banyak Ditolak Menkeu, Ini Penjelasan Stafsus Sri Mulyani

Pada awal Januari 2024 ini, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo membantah sebuah unggahan gambar berisikan berbagai narasi politik yang mencatut nama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Salah satu narasi yang disebutkan dalam unggahan itu ialah Sri Mulyani mengajukan pengunduran diri dari kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menanggapi unggahan tersebut,

Yustinus Prastowo menyampaikan pernyataaannya melalui rangkaian "cuitan" di akun resmi media sosial X-nya.

"Kami pastikan HOAX. Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak pernah mengatakan ini," tulis Prastowo, mengawali rangkaian cuitannya, Jumat (5/1/2024).

Prastowo menegaskan, Sri Mulyani tidak pernah menyampaikan pernyataan terkait pengunduran diri dari kabinet. Sri Mulyani masih menjalankan tugasnya sebagai "bendahara negara".

"Tidak ada pernyataan Menkeu SMI mengundurkan diri dari jabatan Menkeu, meskipun ada rumor beredar. Sampai saat ini Ibu Sri Mulyani tetap menjalankan tugas menjaga keuangan negara dg penuh tanggung jawab," tulis Prastowo.

Baca juga: Beredar Narasi Sri Mulyani Mengundurkan Diri, Stafsus: Hoaks!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com