Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gibran: Pengembangan Hilirisasi Bisa Buka 5 Juta Lapangan Kerja "Green Job"

Kompas.com - 21/01/2024, 19:56 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengatakan, pihaknya berjanji akan membuka 19 juta lapangan pekerjaan dengan memaksimalkan pembangunan hilirisasi sumber daya alam.

Dari angka ini, 5 juta di antaranya akan fokus pada green job atau peluang kerja di bidang kelestarian.

“Jika agenda hilirisasi pembangunan dilanjutkan, transisi energi hijau, kita kawal, akan membuka 19 juta lapangan pekerjaan untuk generasi muda, kaum perempuan,” ujar Gibran dalam debat ke-2 cawapres di Senayan JCC, Minggu (21/1/2024).

Baca juga: Gibran: Hilirisasi Harus Dilanjutkan dan Diperluas!

“5 juta di antaranya adalah green job. Ini adalah peluang kerja di bidang kelestarian . Ini adalah tren peluang kerja masa kini dan masa depan," sambung dia.

Dia menilai, Indonesia patut bersyukur lantaran memiliki Sumber Daya Alam yang kaya. Namun, semua itu bisa dirasakan manfaatnya jika dilakukan kerjasama Pentaheliks agar cita-cita Indonesia dalam hilirisasi bisa terbangun.

“Dengan hilirisasi itu kita jangan lagi mengirim barang mentah,” imbuh dia.

Untuk diketahui, capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki berbagai visi dan misi dalam program kerja mereka.

Di antaranya adalah mencetak dan meningkatkan produktifivitas lahan pertanian dengan lumbung pangan desa, daerah, nasional, melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi berbasis SDA termasuk di sekitar maritim untuk membuka lapangan kerja hingga menargetkan bisa swasembada pangan, energi, dan air.

Baca juga: Cak Imin Sentiil Ada Orang Punya Tanah 500.000 Hektar saat Jumlah Petani Gurem Naik

Selain itu, paslon nomor 2 itu juga akan memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, hingga ekonomi biru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com