Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Dibuka, Ini 3 Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2024

Kompas.com - 22/01/2024, 18:33 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun ini dimulai hari ini, Senin 22 Januari 2024.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta jajaran PTKIN membuat cara yang kreatif untuk menarik minat pelajar mendaftar di kampusnya.

"Saya minta PTKIN agar memiliki cara-cara kreatif agar dapat menarik minat para pelajar untuk mendaftar di sini," kata Yaqut dalam keterangan resmi yang dikutip Kompas.com, Senin (22/1/2024).

Adapun program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PTKIN tahun ini mengusung tema Start to be Smart.

Dalam pelaksanaan PMB kali ini, seluruh PTKIN dapat bersinergi dan saling mendukung untuk menjaring calon mahasiswa terbaik.

Baca juga: Sudah Dirilis, Ini Rangkaian Rencana Perjalanan Haji Indonesia 2024

Tiga jalur PMB PTKIN

Ada tiga jalur PMB PTKIN 2024 yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN), Ujian Masuk (UM), dan jalur mandiri.

"SPAN PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan seleksi masuk berdasarkan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya," papar Ketua Pelaksana PMB PTKIN Nyanyu Khodijah.

Pendaftaran jalur SPAN PTKIN dibuka mulai hari ini, Senin 22 Januari 2024, dan hasilnya akan diumumkan pada 2 April 2024.

"Informasi seputar SPAN PTKIN dapat diakses melalui https://span.ptkin.ac.id/page," tuturnya.

Baca juga: Resmi, Ini Biaya Haji 2024 di 13 Embarkasi Seluruh Indonesia

Sementara itu, jalur UM PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 58 PTKIN dan 1 PTN, dengan program studi keagamaan yang izin operasionalnya diterbitkan oleh Kementerian Agama melalui ujian tulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

Rencananya UM PTKIN akan dibuka mulai 6 Mei 2024. Informasi terkait UM PTKIN dapat diakses melalui laman: https://um.ptkin.ac.id/.

Untuk jalur mandiri, di mana proses seleksi dilakukan di masing-masing Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Informasi terkait penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri ini, dapat diakses pada laman resmi masing-masing perguruan tinggi.

Baca juga: 5 Embarkasi dengan Biaya Haji 2024 Tertinggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com