Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bogasari Dorong UKM Kedepankan ESG

Kompas.com - 02/02/2024, 17:11 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indofood Sukes Makmur Tbk Divisi Bogasari menggelar festival kuliner yang akan diisi aneka produk usaha kecil dan menengah (UKM). Festival Bogasari ini akan berlangsung di Atrium Royal Plaza, Surabaya selama 2 hari dari tanggal 3-4 Februari 2024.

Sebanyak 20 UKM mitra binaan Bogasari yang berbahan dasar tepung terigu siap menjual aneka produknya.

Vice President (VP) Sales Bogasari Area 3, Julius Ronadi memaparkan, Festival Bogasari 2024 mengusung 3 konsep sekaligus yakni Edukasi, Rekreasi dan Apresiasi.

Baca juga: Lagi, Kemenkop-UKM Wanti-wanti Tiktok Shop soal Regulasi

Pada Festival Bogasari pertama di tahun 2024 ini, pihaknya akan memberikan 2 apresiasi kepada para UKM anggota Bogasari Mitra Card (BMC).

Yang pertama adalah Bogasari SME Award 2023 yang mengusung tema penghargaan “UKM Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan”.

“Tema UKM Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan yang baru diangkat kali ini di Bogasari SME Award bertujuan untuk mengajak sekaligus mendorong UKM untuk mulai menjalankan bisnis yang mengedepankan soal berkelanjutan berdasar atas lingkungan, sosial, dan tata kelola atau yang dikenal dengan istilah ESG (Environmental, Social, Governance). ESG tidak hanya untuk perusahan besar tapi juga mulai menyasar UKM,” papar Julius dalam siaran pers, Jumat (2/2/2024)

Menurut dia, 167 UKM anggota BMC mendaftar untuk mengikuti seleksi penghargaan Bogasari tingkat nasional hingga diperoleh 9 nominator. Mereka merupakan hasil penilaian dari dewan juri yang terdiri dari Akademisi (Ambara Purusottama), Praktisi UKM (Zainal Abidin), dan Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM (Riza Damanik).

UKM yang berhasil lolos menjadi 9 nominator adalah UKM CV Cerita Bahagia Food (Balikpapan); UD Shabrina (Lumajang); Safir Indo Raya (Mataram); Rido Cake (Jambi); Dynamic Natural Damai (Jakarta), Bakmi Karya Abadi (Jakarta); Adila Snack (Jambi); Mawar Bakery dan Bake Shop (Deli Serdang); Kanung (Bogor).

“Kesembilan nominator ini didatangkan khusus ke Surabaya untuk menyaksikan siapa yang akan terpilih menjadi 3 Terbaik UKM Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan. Mereka dinilai dari 3 aspek oleh dewan juri, dengan bobot terbanyak dari aspek kontribusi sosial, ramah lingkungan dan berkelanjutan (60 persen). Selebihnya dari aspek finansial (20 persen) dan Manajerial (20 persen),” kata Julius.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan apresiasi kepada UKM dengan melakukan pengundian Gelegar Hadiah BMC dengan hadiah berupa tabungan, sepeda motor listrik hingga paket umrah atau wisata rohani.

Baca juga: Simak Tips untuk UKM Kuliner agar Punya Bisnis Franchise

Sementara konsep edukasi dengan menggelar 4 kompetisi yang melibatkan berbagai kelompok usia dan keluarga.

“Kompetisi ini sangat diminati masyarakat dari berbagai kalangan. Terlebih khusus Lomba Kreasi Comic Cake dan Kreasi Cromboloni yang akan diikuti 100 siswa SMK yang dibagi dalam 50 kelompok atau tim dan berasal 7 SMK. Sedangkan Lomba Kreasi Roti Bekal Anak akan diikuti 49 pasangan ibu dan anak atau sebanyak 98 peserta. Lomba ini pasti seru dan menarik,” sebut dia

Selain itu juga terdapat demo masak yang akan dibawakan oleh Hadi Haudi, baker ahli dari Bogasari Baking Center (BBC) dan Selebgram Nicky Tirta yang akan mendemokan resep “Cronigiri”, serta Tiktok Creative Workshop.

Adapun dari aspek rekreasi ada eksibisi berupa hiburan Dancing Noodle dan Talent Show.

"Rekreasi yang wajib dinikmati selama 2 hari adalah wisata kuliner karena Festival Bogasari akan menghadirkan puluhan jenis produk makanan berbasis terigu yang dijajakan oleh UKM mitra binaan yang terkenal di wilayah Surabaya dan sekitarnya," sebutnya.

Julius sendiri menargetkan 10.000 pengunjung yang akan menghadiri Festival Bogasari tersebut.

Baca juga: Hugo Inovasi, UKM Gula Kelapa Binaan LPEI Sukses Ekspor ke 10 Negara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com