Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tips untuk UKM Kuliner agar Punya Bisnis Franchise

Kompas.com - 16/10/2023, 20:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Franchise merupakan bentuk strategi bisnis yang sedang berkembang di Indonesia. Salah satu aspek paling menarik dari bisnis franchise adalah kemampuan untuk memanfaatkan merek yang sudah mapan dan sistem usaha yang telah teruji, tanpa harus memulainya dari awal.

Kontribusi terbesar dalam pertumbuhan industri franchise di Indonesia datang dari sektor kuliner. Bisnis kuliner menawarkan peluang yang sangat menguntungkan karena memiliki pangsa pasar yang besar dan relatif mudah untuk dijalankan. 

Para pelaku bisnis dapat memanfaatkan popularitas makanan dan minuman untuk mencapai kesuksesan dalam dunia franchise. Tidak hanya itu, bisnis kuliner juga seringkali dapat dengan cepat mendapatkan pengakuan dan loyalitas pelanggan, menjadikannya salah satu pilihan utama bagi para calon franchisee di Indonesia.

Kementerian Perdagangan mencatat, sektor bisnis franchise paling dominan adalah jasa makanan dan minuman, atau mencapai 44,09 persen.

Baca juga: 5 Tips Memilih Franchise Indonesia yang Menjanjikan

Di sisi lain, sektor lainnya seperti ritel mengambil porsi 14,17 persen, jasa pendidikan nonformal 11,02 persen, jasa kecantikan/kesehatan 11,02 persen, dan jasa binatu 7,09 persen.  

Salah satu bisnis yang membuka peluang frenshise adalah Dimsum Yang. Bisnis dimsum ini merupakan salah satu bisnis kuliner yang menjadi pelopor dimsum prasmanan di Indonesia.

Sejak berdiri pada tahun 2021, Dimsum Yang telah memiliki 46 franchise di berbagai wilayah di Indonesia dan telah memproduksi 15.000 pcs dimsum setiap harinya.

Dimsum Yang melihat bisnis franchise sebagai peluang bisnis yang berpotensi untuk mendukung perkembangan bisnis dan juga membuka lapangan pekerjaan baru di Indonesia.

Pemilik binis Dimsum Yang Ujang membagikan tips bagaimana cara mengembangkan bisnis sampai akhirnya dapat mengembangkan franchise.

Berikut ini adalah beberapa tips membuat franchise untuk UKM yang bergerak di bisnis kuliner agar mampu bersaing dengan kompetitor lain.

1. Pastikan Merek yang Kamu Miliki Telah Memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP)

Setiap Franchise harus memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) agar model bisnisnya dapat dijalankan secara efisien dan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. 

2. Memiliki Ciri Khas Produk

Dengan memiliki ciri khas yang unik, merek bisnis tersebut dapat lebih mudah dikenali oleh masyarakat. Selain itu, sifat-sifat khas merek tersebut juga memengaruhi kualitas produk yang dihasilkan serta apakah produk tersebut cocok untuk dikonsumsi atau tidak.

Baca juga: 8 Kesalahan Menjalankan Bisnis Franchise yang Perlu Dihindari

3. Menjaga Kualitas Produk dengan Cita Rasa yang Sama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com