Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Memilih Franchise untuk Pemula

Kompas.com - 13/09/2023, 09:50 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ingin mendapatkan penghasilan tambahan lewat berbisnis tapi bingung mulai dari mana? Ini adalah salah satu alasan terbesar banyak orang untuk menghentikan niatnya memulai bisnis.

Padahal, mencoba peluang kemitraan atau franchise alias waralaba bisa menjadi opsi yang dicoba lantaran calon pebisnis hanya perlu menyediakan modal tanpa memikirkan konsep.

Namun, dalam memilih bisnis franchise tetap harus memiliki strategi agar keuntungan bisa maksimal.

Baca juga: Franchise Ayam Keprabon Express, Ini Syarat dan Modalnya

Ilustrasi franchise atau waralaba. SHUTTERSTOCK/GARAGESTOCL Ilustrasi franchise atau waralaba.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar membeberkan ada empat tips memilih franchise untuk pemula agar untung maksimal.

1. Jangan memilih franchise yang berkonsep autopilot

Anang menjelaskan, dalam bisnis franchise tak ada istilah autopilot. Sebab, pemilik bukan hanya perlu memiliki hak atas keuntungan usahanya namun juga perlu belajar sembari mengikuti proses yang ada.

Selain itu, kata dia, dalam usaha waralaba, semestinya pemilik juga menjadi operator. Apabila seseorang hanya ingin menjadi investor, tanpa mau menjadi operator, usaha tersebut akan sulit berhasil.

”Kita jangan terbuai dengan cara-cara yang asal jadi. Dalam bisnis franchise, enggak bisa jalan sendiri. (Istilah) ‘autopilot’ cuma ada di dunia penerbangan, bisnis enggak ada,” ujar Anang saat ditemui Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Daftar Franchise dengan Modal Rp 5 Juta

"Enggak ada auto pilot di dunia Bisnis. Eggak ada. Masa iya bisnis bisa jalan sendiri? Bohong. Jadi kalau mau sebagai pelaku bisnis, be serious in the business, dan cari minatnya, itu nomor satu," sambung Anang.

2. Pilih franchise yang dapat dilihat proyeksi pendapatannya

Tips kedua adalah pilihlah franchise yang dapat melihat laporan proyeksi pendapatan. Dalam laporan itu, calon investor dapat melihat berbagai hal, seperti angka penjualan per hari hingga per tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com