Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Institut Teknologi PLN Buka Pendaftaran, Ada 250 Kuota Program Ikatan Kerja

Kompas.com - 11/02/2024, 14:17 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Institut Teknologi PLN (ITPLN) mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB) tahun ajaran 2024/2025.

Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PT PLN (Persero) Yusuf Didi Setiarto mengatakan, sebanyak 150 calon mahasiswa dengan hasil tes terbaik berkesempatan untuk mendapatkan ikatan kerja dengan PLN Group.

"Tak hanya itu, 100 lulusan terbaik juga akan langsung bergabung ke dalam PLN Group," kata Yusuf Didi dalam keterangan tertulis, Minggu (11/2/2024).

Baca juga: Mobil Dinas Pejabat Kementerian BUMN Pakai Kendaraan Listrik, Erick Thohir: Hemat BBM!

Yusuf mengatakan, sebagai perguruan tinggi yang berwawasan lingkungan, fokus, dan terdepan dalam agenda transisi energi, ITPLN didorong untuk melahirkan lulusan yang kompeten, berkarakter, siap kerja di bidang energi dan teknologi guna menyukseskan agenda transisi energi menuju Net Zero Emissions.

"ITPLN terus didorong untuk naik kelas menjadi perguruan tinggi teknik berstandar dan berkelas internasional serta menjadi yang terbaik di kawasan," ujarnya.

Sementara itu, Rektor ITPLN, Iwa Garniwa, menyatakan kesiapannya dalam menjaga kepercayaan PLN dan kalangan industri.

Iwa mengatakan, kurikulum yang diterapkan ITPLN untuk menghasilkan SDM kompeten dan siap kerja adalah dengan dengan penerapan sistem 4-4-2 atau 40 persen teori, 40 persen problem solving, dan 20 persen kuliah industri.

"Kesempatan ikatan kerja bagi mahasiswa baru ITPLN adalah kepercayaan yang harus dijaga dengan baik. Total ada 250 mahasiswa baru jenjang S1 angkatan 2024 yang akan mendapat ikatan kerja dengan PLN group," kata Iwa.

Iwa mengatakan, beberapa fasilitas yang diberikan kampus selain kesempatan bergabung dengan PLN group, antara lain jaminan magang di PLN group, sertifikat kompetensi keahlian, smart class, kuliah oleh praktisi dan ahli korporasi, e-mobility ke perguruan tinggi internasional, laboratorium transisi energi dan berbagai beasiswa pendidikan.

“Semua fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa dan calon mahasiswa ITPLN dimaksudkan memberikan dorongan supaya mahasiswa menjadi personal dengan banyak keahlian,” ujarnya.

Terakhir, Iwa mengajak masyarakat yang tertarik bekerja di bidang energi untuk mendaftar di ITPLN.

"Masa pendaftaran mahasiswa baru ITPLN telah dibuka dari tanggal 29 Januari 2024 sampai dengan 14 April 2024. Informasi dan pendaftaran dapat diakses melalui https://infopmb.itpln.ac.id," ucap dia.

Baca juga: Genjot Energi Terbarukan, PLN IP Pakai Limbah Uang Kertas Jadi Campuran Batubara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com