Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Penumpang Kereta Cepat Whoosh Naik 35 Persen

Kompas.com - 12/02/2024, 17:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh selama libur panjang 7-11 Februari 2024 mencapai 92.000 penumpang.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pada periode itu terjadi kenaikan jumlah penumpang rata-rata sebesar 35 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

Adapun mayoritas pada setiap jadwal pemberangkatan okupansi Whoosh pada musim liburan berkisar di antara 80-100 persen.

Baca juga: Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Dihapus dari PSN, KCIC Pastikan Studi Kereta Cepat Tetap Jalan

"Peningkatan ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan libur Isra Miraj, Cuti Bersama, dan Hari Raya Imlek untuk berlibur baik di Bandung maupun di Jakarta," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (12/2/2024).

Dia menyebut, rata-rata volume penumpang selama libur panjang ini mencapai 18.000 penumpang per hari dan jumlah penumpang tertinggi terjadi pada 8 Februari 2024 dengan 20.000 penumpang.

Pada periode tersebut, KCIC mengoperasikan 208 perjalanan kereta cepat Whoosh. Dengan rincian, 40 perjalanan reguler dan 8 perjalanan tambahan untuk mengakomodir peningkatan jumlah penumpang.

Penumpang Kereta Cepat Whoosh didominasi oleh penumpang kelas premium economy sebanyak 93,4 persen dan sisanya merupakan penumpang first class dan business class.

Kemudian, rute favorit penumpang selama libur Isra Miraj dan Imlek kali ini ialah Stasiun Halim-Padalarang pp, dimana 80 persen dari pengguna yang berangkat dari Stasiun Halim turun di Stasiun Padalarang dan sebaliknya.

Eva menyatakan, selama musim liburan ini seluruh pelayanan Kereta Cepat Whoosh lancar tanpa hambatan.

Baca juga: Cara Refund Tiket Kereta Cepat Whoosh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com