Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluas 5.469 Hektar Sawah di 20 Provinsi Gagal Panen Akibat Banjir, Pemerintah Beri Bantuan Rp 8 Juta

Kompas.com - 19/02/2024, 19:30 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, tercatat 5.469 hektar sawah di 20 provinsi mengalami gagal panen akibat bencana banjir sepanjang tahun 2023.

Hal tersebut berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selama periode Januari-Maret 2023.

"Berdasarkan data BNPB, telah tercatat 331 bencana banjir atau sekitar 44 persen dari total kejadian tahun 2023 (Januari-Maret 2023). Bencana banjir yang melanda telah akibatlkan gagal panen, diperkirakan 5.469 hektar di 20 provinsi," kata Muhadjir usai menggelar rapat tingkat menteri terkait gagal panen di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (19/2/2024).

Baca juga: Kemarau Panjang, Risiko Gagal Panen Bayangi Perusahaan Asuransi

Muhadjir mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pemerintah memberikan bantuan kerugian kepada petani yang terdampak gagal panen sebesar Rp 8 juta per hektar per kelompok.

"Semacam bantuan kerugian, yakni Rp 8 juta per hektar per kelompok dan sudah disalurkan," ujarnya.

Muhadjir juga mengatakan, bantuan kerugian gagal panen tersebut belum sepenuh rampung diberikan kepada petani pada 2023.

Karenanya, kata dia, pemerintah akan melanjutkan penyaluran bantuan dengan jumlah yang sama. Pemerintah kata dia, sudah menyiapkan dana sebesar Rp 200 miliar untuk bantuan tersebut.

"Pemerintah lewat BNPB, lewat dana siap pakai, akan disiapkan dana Rp 200 miliar lebih," tuturnya.

Baca juga: 191 Petani Demak yang Gagal Panen Dapat Bantuan Rp 31,7 M dari Jokowi

 


Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan, untuk tahun 2024, penyaluran bantuan dialihkan kepada PT Jasindo atas rekomendasi dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

"Untuk tahun 2024, bantuan untuk gagal panen akan dialihkan pada PT Jasindo atas rekomendasi dari Mentan, hanya coverage atau diperluas menjadi 1 juta hektar, dan itu tidak hanya karena banjir, tetapi juga karena kering, dan karena hama," ucap dia.

Baca juga: Kementan: 2.269 Hektar Tanaman Padi Terancam Gagal Panen karena El Nino

El Nino sebabkan gagal panen pada 2023

Koordinator Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Serelia Kementerian Pertanian (Kementan) Gandi Purnama mengungkapkan, ada sebanyak 20.255 hektar lahan padi yang mengalami kekeringan akibat dampak El Nino.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak El Nino akan terjadi pada Agustus sampai Oktober 2023 mendatang.

"Dampaknya yaitu puso (gagal panen). Jadi dari yang terkena tadi yang terkena atau dampak gagal panen adalah pada musim kemarau 2023 banjir 14.000 hektar, itu terancam puso tenggelam 1.800 hektar. Sementara kekeringan tahun ini dari 27.000-an (hektare lahan), yang puso 469 hektar," kata Gandi dalam acara FGD Antisipasi Menghadapi Musim Kemarau di Jakarta, Senin (7/8/2023).

Dengan demikian, artinya secara total dari kekeringan 469 hektar dan banjir 1.800 hektar, ada 2.269 hektar lahan padi yang terancam gagal panen pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com