Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Cabai Meroket, Kemendag Sebut Ada Gangguan Produksi

Kompas.com - 20/02/2024, 13:35 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim mengatakan, kenaikan harga cabai saat ini terjadi lantaran adanya gangguan produksi di beberapa wilayah akibat perubahan iklim.

"Kenaikan harga disinyalir karena adanya gangguan produksi di beberapa wilayah sentra produksi, akibat hujan yang belum merata di semua wilayah," kata Isy saat dihubungi Kompas.com, Selasa (20/2/2024).

Isy mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya, saat ini wilayah Kabupaten Kediri, Nganjuk, dan Banyuwangi sedang dalam masa panen, namun belum merata.

Baca juga: Harga Cabai Naik, Asosiasi: Akibat Perubahan Iklim

"Sementara itu, diperkirakan wilayah yang akan memasuki masa panen pada periode Puasa - Lebaran antara lain Kabupaten Blitar, Lamongan, Tuban, Mojokerto, dan Malang," ujarnya.

Lebih lanjut, Isy mengatakan, apabila tidak ada gangguan panen, pasokan cabai akan kembali terpenuhi dan harga akan ikut terkendali di periode Ramadhan hingga Lebaran 2024.

"Apabila tidak terjadi gangguan panen, maka diprediksi pasokan akan dapat terpenuhi dan harga dapat terkendali pada periode Puasa - Lebaran," ujarnya.

Sebelumnya, harga komoditas cabai mulai dari cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit hijau, dan cabai rawit merah meroket pada Senin (19/2/2024).

Baca juga: Info Pangan 20 Februari 2024, Harga Beras, Cabai, Telur, Gula hingga Daging Ayam Naik

Mengutip dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategi (PIHPS) Nasional, harga cabai merah besar naik Rp 5.300 menjadi Rp 72.000 per kilogram dibandingkan harga kemarin.

Kemudian harga cabai merah keriting naik Rp 10.200 menjadi Rp 67.850 per kilogram. Kemudian harga cabai rawit hijau juga serupa yang naik menjadi Rp 54.650 per kilogram.

Sementara harga cabai rawit merah naik paling drastis Rp 17.500 menjadi Rp 68.950 per kilogram.

Ketua Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) Abdul Hamid mengatakan, penyebab utama harga cabai lantaran banyak petani tak bisa melakukan pemeliharaan tanaman akibat perubahan iklim.

Baca juga: Setelah Beras, Harga Cabai Juga Ikut Naik Jelang Ramadhan

Hal tersebut, kata dia, menyebabkan stok cabai di pasar menjadi sedikit.

"Memang pemeliharaan dari aspek petani itu kurang, itu yang jelas ya, terlepas dari pupuk yang juga mahal dan sulit mendapatkannya, tapi dengan iklim yang berubah-ubah ini enggak bisa petani nanganinya, itu utamanya," kata Abdul saat dihubungi Kompas.com, Selasa (20/2/2024).

Abdul mengatakan, para petani sebelumnya memprediksi harga cabai akan turun saat bulan Ramadhan lantaran petani cukup masif melakukan penanaman.

Namun, kata dia, perubahan iklim yang tidak bisa dipresiksi membuat petani tak bisa melakukan pemeliharaan.

Baca juga: Harga Cabai Merah Tembus Ratusan Ribu Rupiah Per Kg, Berikut Daftarnya

"Tapi iklim begini, petani tidak bisa menangani, jadi repot sekali," ujarnya.

Lebih lanjut, Abdul memprediksi kenaikan harga cabai masih akan terus terjadi saat bulan Ramadhan. Namun, akan kembali turun di Akhir Maret 2024.

"Karena memang perkiraan kita panennya di pertengahan dan akhir Maret, jadi mudah-mudahan setelah panen, naiknya diperkirakan tidak terlalu tinggi," ucap dia.

Baca juga: Kembali Naik, Harga Cabai Keriting di Jakarta Jadi Rp 84.024 Per Kg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com