Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Upaya Elnusa Bantu KKKS Penuhi Target Produksi Migas Nasional

Kompas.com - 20/02/2024, 20:59 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus mendorong target produksi minyak dan gas (migas) nasional mencapai 1 juta barrel pada 2030. Ini upaya perusahaan jasa energi PT Elnusa Tbk (kode saham ELSA) untuk membantu perusahaan migas atau Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) mencapai target tersebut.

Direktur Operasi Elnusa Endro Hartanto memaparkan, perseroan siap mendukung program kerja hulu migas yang masif dalam rangka mencapai target produksi migas nasional. Dukungan Elnusa mulai dari jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi serta jasa penunjang.

Pertama, pada lini jasa hulu migas.

Pada lini bisnis ini, Elnusa sebagai anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) memiliki jasa Geoscience & Reservoir (land, transition zone & marine serta data processing), jasa pengeboran & pemeliharaan lapangan migas (drilling & workover), jasa engineering, procurement, construction & operation maintenance (EPC-OM).

Kedua, lini jasa distribusi dan logistik energi.

Pada lini bisnis ini, Elnusa menyediakan jasa transportasi BBM, pengelolaan depot, dan penjualan chemical. Pada lini jasa penunjang Elnusa memiliki jasa marine support, fabrikasi, hingga manajemen data.

Baca juga: Dengan Teknologi EOR, Elnusa Fokus Kembangkan Bisnis Ramah Lingkungan

Ketiga, Elnusa selalu berinovasi terhadap layanan yang diberikan kepada klien.

"Salah satunya, Kami menciptakan equipment Hydraulic Drilling Unit yang sudah kami support di wilayah Kalimantan di salah satu KKKS yang di operatori oleh Total hingga Pertamina Hulu Mahakam (PHM) saat ini," ujar Endro di Jakarta, melalui keterangannya, Selasa (20/2/2024).

Kemudian, juga memiliki semen slurry merah putih hasil karya anak bangsa untuk memberikan kualitas dari semen untuk shallow gas zone, dan juga teknologi vibroseismic untuk mensupport kegiatan EOR yang sampai saat ini kami lakukan di wilayah Sumatera.

"Elnusa siap mendukung kebutuhan K3S Oil Company agar memastikan ketahanan energi untuk Indonesia. Kami hadir sebagai bagian dari Pertamina Group untuk mendukung kegiatan ini," kata Endro.

Baca juga: Sediakan Teknologi Terkini, Elnusa Bantu Pertamina Cari Kandungan Hidrokarbon di Prabumulih Field

Sebagai informasi, saham PT Elnusa Tbk (kode saham ELSA) kembali masuk sebagai konstituen Indeks PEFINDO i-Grade periode Januari–Juni 2024. Sebagai informasi, Indeks PEFINDO i-Grade merupakan salah satu indeks harga saham dengan performance terbaik di pasar modal Indonesia.

Sebelumnya, Elnusa melaporkan kinerja keuangan (unaudited) kuartal III 2023 dengan pencapaian yang lebih baik dari kinerja pada periode yang sama di tahun 2022. Per kuartal III 2023, Elnusa membukukan laba bersih Rp 407 miliar, atau tumbuh 40 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 291 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com