Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilpres 2024 Diapresiasi Investor, Luhut Optimistis Investasi RI Tembus Rp 1.650 Triliun

Kompas.com - 22/02/2024, 07:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan optimistis, target investasi sebesar Rp 1.650 triliun akan tercapai. Pasalnya, ia mendapatkan kabar baik dari para investor.

Luhut mengakui, sebelumnya para investor masih bersikap "Wait and see" atau mengambil posisi aman sambil menunggu Pilpres 2024 selesai.

"Itu benar sekali (investor wait and see), jadi memang mereka menanti-nanti, tetapi kemarin saya dapat beberapa telepon yang menyampaikan selamat bahwa Pilpres di Indonesia berjalan terbit dan demokratis. Mengenai investasi, saya lihat target kita Rp 1.650 triliun itu saya kira tidak ada masalah," kata Luhut melalui video di akun resmi Instagramnya @luhut.pandjaitan, Rabu (21/2/2024).

Luhut mengatakan, meski perekonomian Tiongkok agak sulit, namun, negara tersebut sudah menyampaikan komitmennya untuk berinvestasi di Indonesia.

Baca juga: Meski Ada Tanda-tanda Pilpres 1 Putaran, Investor Tetap Wait and See, Tunggu Susunan Menteri

Ia mengatakan, Tiongkok akan membangun pabrik petrokimia di Kalimantan Utara.

"Walaupun Tiongkok atau semua dunia mengalami ekonomi agak sulit, mereka (Tionkok) juga sudah sampaikan petrochemical akan dibangun juga, tetap dilanjutkan dan begitu juga proyek-proyek lainnya misalnya downstreaming dari stainless steel," ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan, pemerintah berencana untuk membangun kawasan khusus untuk pembangunan pabrik tersebut.

"Kita akan bikin kawasan khusus untuk ini sehingga UMKM itu akan mendapat peluang juga untuk nanti akan ada di situ," ucap dia.

Baca juga: Prediksi Ekonomi RI di Bawah Kepemimpinan Prabowo-Gibran, Ekonom: Tak Jauh Beda dari Jokowi...


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa Indonesia membutuhkan investasi hingga Rp 1.650 triliun untuk mampu mencapai target pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,1 persen sampai 5,7 persen pada tahun 2024.

"Untuk 2024, target pertumbuhan ekonomi kita berada di angka 5,1 sampai 5,7 (persen). Dan dibutuhkan realisasi investasinya di angka Rp 1.650 triliun," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2023 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com