Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengok Kesiapan Makassar New Port Jelang Diresmikan Presiden Jokowi

Kompas.com - 22/02/2024, 08:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Makassar New Port fase 1B dan 1C telah rampung dan siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (22/2/2024).

Untuk memastikan kesiapan pelabuhan itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melakukan tinjauan pada Rabu (21/2/2024).

Dalam kesempatan ini, Menhub mengunjungi terminal peti kemas, ruang kontrol dan perencanaan terpadu untuk melihat aktivitas pelabuhan di wilayah Indonesia timur secara real time, hingga ruang pelatihan bagi pegawai pelabuhan.

"Saya mengapresiasi telah dituntaskannya pembangunan fase 1B dan 1C Makassar New Port. Semoga pelabuhan ini semakin meningkatkan kegiatan ekspor di Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (21/2/2024).

Baca juga: Pelindo Tingkatkan Kapasitas Makassar New Port Jadi 2,5 Juta TEUs

Menhub menuturkan, kapasitas MNP sudah ditingkatkan sebesar 150 persen, dari semula 1 juta TEUs menjadi 2,5 juta TEUs per tahun. Waktu sandar kapal di pelabuhan juga meningkat yakni maksimal 24 jam dari sebelumnya 48 jam.

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan, MNP memang dirancang untuk menjadi pelabuhan utama sekaligus hub bagi pelabuhan-pelabuhan di wilayah Indonesia timur, khususnya untuk kegiatan ekspor.

Baca juga: Menhub Targetkan Makassar New Port Rampung Pertengahan Tahun Ini

 


Sebelumnya, ekspor berbagai produk unggulan dari wilayah tersebut dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya atau Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta.

"Keberadaan dua pelabuhan di Makassar, yakni Pelabuhan Soekarno-Hatta dan Makassar New Port, diharapkan dapat semakin mendukung dan memperbaiki distribusi logistik di tanah air," ucapnya.

Untuk diketahui, Makassar New Port merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pembangunan MNP dilakukan dalam 3 tahap dan akan berakhir pada 2037. Proyek pembangunan ini dibiayai sepenuhnya oleh PT Pelindo.

Baca juga: Pesawat Wings Air Ditembaki KKB Papua, Kemenhub Beberkan Kronologinya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com