Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog “Buka-bukaan” Alasan Beras SPHP Masih Belum Merata di Alfamart dkk

Kompas.com - 28/02/2024, 15:15 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita mengungkap alasan mengapa beras Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) masih belum rata ditemukan di ritel modern.

Dia menjelaskan, sebenarnya Perum Bulog sudah menjalankan tugasnya untuk menyalurkan beras SPHP ke ritel. Namun tempat penyalurannya bukan langsung ke outletnya melainkan gudang masing-masing ritel.

Kemudian yang bertugas menyalurkan beras tersebut dari gudang ke outlet-outletnya adalah masing-masing manajemen ritel. Sehingga kalaupun ada salah satu ritel dalam satu wilayah yang belum mendapatkan beras SPHP, kemungkinan karena belum mendapatkan giliran distribusi.

“Berdasarkan hasil obrolan sama orang Alfamart mereka itu punya SOP yang mana begitu beras yang kami salurkan ke gudang atau DC mereka, baru beberapa hari manajemennya salurkan langsung ke outlet-outletnya. Bukan kami yang salurkan satu-satu ke Alfamart, kan enggak mungkin,” ujarnya di Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Baca juga: Harga Beras Naik Tinggi, Bulog Gelontorkan Beras SPHP dan Beras Premium di DKI dan Jawa Barat

“Kemudian nanti mobil DC-nya mereka juga keliling. Jadi mereka itu tinggal nunggu giliran bukan ke distribusinya (masalah), tapi lebih ke antriannya sih,” sambung Febby.

Walau demikian Febby mengatakan, penyaluran beras SPHP ke ritel masih akan terus digelontorkan oleh Perum Bulog.

Tercatat jumlah beras SPHP yang dilepas ke ritel oleh Perum Bulog per Senin (26/2/2024) kemarin ada sebanyak 7.785 ton beras. Realisasi distribusi pada Februari ini 2 kali lebih tinggi dari realisasi bulan Januari.

Hypermart, Ramayana, dan ritel modern lokal merupakan 3 ritel modern terbesar dengan angka realisasi penyaluran di atas 1.000 ton.

Baca juga: Penyaluran Beras SPHP Masih Belum Merata di Ritel Modern

 


Sebelumnya, Corporate Communications General Manager Alfamart Rani Wijaya mengatakan pihaknya telah memesan ke Bulog untuk beras SPHP. Selain itu, dia juga telah memesan kepada pemasok beras lainnya.

Dia pastikan minggu ini stok beras telah diterima di beberapa gudang Alfamart. Dengan begitu, dia berharap stok beras kembali normal di bulan ini.

"Minggu ini stok beras yang dipesan sudah mulai diterima oleh beberapa gudang kami, dengan harapan Februari ini sudah terpenuhi secara normal," kata Rani, Senin (19/2/2024).

Baca juga: Sebut Ritel Pilih Jual Beras SPHP, Mendag: 2-3 Hari Habis...

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com