Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didorong Sentimen Halving, Harga Aset Kripto Bitcoin Tembus Rp 800 Juta-an

Kompas.com - 28/02/2024, 16:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bitcoin menembus harga tertinggi yakni 57.229 dollar AS imbas optimisme terhadap halving Bitcoin yang akan datang pada April nanti.

Harga tersebut setara Rp 897,73 juta pada asumsi kurs Rp 15.686 per dollar AS.

Halving Bitcoin dipercaya terjadi empat tahun sekali.

Halving day bitcoin adalah ketika imbalan (reward) mining satu blok bitcoin akan dibagi dua setiap 210.000 blok hingga mencapai batas maksimum 21 juta.

Secara historis, bitcoin sudah mengalami tiga kali halving. Halving pertama terjadi pada 28 November 2012, ketika imbalan penambang yang awalnya 50 BTC merosot menjadi 25 BTC.

Baca juga: Jelang Halving Day, Bitcoin Dinilai Bergerak Lebih Stabil

Sementara itu, kapitalisasi pasar mata uang kripto global naik 1,5 persen menjadi hampir 2,15 triliun dollar AS dalam 24 jam terakhir.

CEO Mudrex Edul Patel mengatakan, Bitcoin terus diperdagangkan di atas 57.000 dollar AS seiring menguatnya sentimen investor.

"Faktor-faktor yang berkontribusi termasuk peningkatan investasi di ETF Bitcoin spot dan peristiwa halving yang semakin dekat, menumbuhkan kepercayaan di antara investor ritel dan institusi," kata dia dikutip dari Economics Times, Rabu (28/2/2024).

Ia mengatakan, resistensi berikutnya untuk aset kripto Bitcoin adalah level 58.000 dollar AS dengan support 55.900 dollar AS.

"Momentum yang ada mengisyaratkan potensi pengujian resistensi ini dalam waktu dekat," imbuh dia.

Baca juga: Penguatan Berlanjut, Harga Bitcoin Tembus Level Rp 782 Juta

 


CEO BuyUcoin Shivam Thakral mengungkapkan, setelah tumbuh 10 persen dalam sehari, Bitcoin mempertahankan level tertinggi tahunan baru (ATH) dan belum mengalami koreksi sejauh ini.

"Hal ini mungkin karena investor bersikap bullish pada halving yang akan datang pada bulan April, yang secara historis membawa ATH baru dalam waktu satu tahun setelah peristiwa tersebut karena guncangan pasokan yang dihadapi oleh mata uang kripto terbesar," terang dia.

Dalam sehari terakhir, kapitalisasi pasar Bitcoin, mata uang kripto terbesar di dunia, melonjak menjadi 1.124 triliun dollar AS.

CoinMarketCap melaporkan, dominasi Bitcoin di pasar saat ini mencapai 52,1 persen.

Baca juga: Bitcoin Halving Day Diproyeksi Bakal Pengaruhi Pasar Kripto ke Depan, Apa Itu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com