Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beragam Cara Mencapai Merdeka Finansial

Kompas.com - 28/02/2024, 18:26 WIB
Filipi Jhonatan Partogi Situmorang,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merdeka finansial adalah sebuah tujuan yang diidamkan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Secara sederhana, merdeka finansial berarti memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan sendiri tanpa harus bergantung pada hal lain.

Bagi sebagian orang, mencapai kemerdekaan finansial bisa menjadi sebuah pencapaian yang sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga: Generasi Sandwich, Simak 4 Tips Perencanaan Keuangan Ini agar Merdeka Finansial

Ilustrasi anak muda mengatur keuangan, gen Z menabung dana darurat. SHUTTERSTOCK/PRATHANKARNPAP Ilustrasi anak muda mengatur keuangan, gen Z menabung dana darurat.

Namun, dengan pemahaman yang tepat dan langkah-langkah yang tepat, siapa pun dapat membangun keberhasilan finansial mereka sendiri.

Mengutip dari The Balance, Rabu (28/2/2024), langkah pertama menuju merdeka finansial adalah memiliki sumber pendapatan yang dapat diandalkan untuk mendukung kebutuhan sehari-hari.

Ini bisa berupa pekerjaan penuh waktu atau usaha yang menghasilkan pendapatan yang stabil dan cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Selanjutnya, penting untuk memperhatikan manfaat-manfaat yang ditawarkan oleh tempat kerja, seperti asuransi kesehatan dan opsi tabungan pensiun, meskipun gaji akan menjadi bagian utama dari kompensasi Anda, manfaat-manfaat ini dapat memberikan keamanan finansial yang besar.

Baca juga: Simak Lima Tips Menuju Merdeka Finansial

Selama proses menuju kemerdekaan finansial, penting juga untuk memiliki rencana keuangan yang jelas dan disiplin dalam pengelolaan uang.

Hal ini termasuk menyusun anggaran, mengelola utang dengan bijaksana, dan mengalokasikan sebagian pendapatan untuk tabungan dan investasi jangka panjang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com