Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pameran Mebel Internsional IFEX 2024, Targetkan 13.000 Pengunjung dari 100 Negara

Kompas.com - 29/02/2024, 16:42 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) menggelar Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2024 di Jakarta International (JI) Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Ketua Presidium HIKMI Abdul Sobur mengatakan, IFEX 2024 ditargetkan menarik 13.000 pengunjung dari 100 negara di dunia.

Ia mengatakan, pameran mebel dan kerajinan ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia dari sektor industri furnitur dan kerajinan.

“Kami yakin tahun ini IFEX bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi kita. Produk-produk unggulan yang ditampilkan pada IFEX selalu menjadi incaran buyers internasional dan nilai ekonomi yang dihasilkan dari nilai ekspor cukup tinggi,” kata Sobur dalam Konferensi Pers di Media Center JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Asosiasi Mebel Sebut Permintaan Furnitur Ramah Lingkungan Bisa Capai Ratusan Triliun Rupiah di 2024

Sobur mengatakan, dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan sekitar 5 persen, industri furnitur bisa terus menunjukkan kinerja yang positif sepanjang tahun 2024.

Ia mengatakan, selain pasar-pasar tujuan ekspor tradisional seperti Amerika dan Eropa, HIMKI juga terus mengembangkan tujuan ekspor ke emerging market seperti India, Timur Tengah, dan Afrika.

"Penyelenggaraan IFEX menjadi platform yang tepat untuk memperkenalkan dan mendorong ekspor produk furnitur dan kerajinan Indonesia ke pasar ekspor," ujarnya.

Lebih lanjut, Sobur mengatakan, IFEX kali ini melibatkan 500 exhibitor. Ia menargetkan transaksi dari pameran ini bisa tembus sekitar Rp 4,5 triliun atau hampir 300 dolar AS selama periode penyelenggaraan 29 Februari sampai 3 Maret 2024.

"Transaksi kita menargetkan ada sekitar 4,5 triliun hampir 300 juta dolar AS selama 4 hari pameran ini, tetapi biasanya transaksi besar itu dalam 4 bulan Jadi kalau on the spot seperti ini biasanya mereka itu order dalam jangka waktu kurang lebih 4 sampai 5 bulan," ucap dia.

Sebagai informasi, untuk memasuki IFEX 2024, registrasi bisa dilakukan langsung di lokasi pameran dengan biaya masuk Rp165.000 (29 Februari – 2 Maret) dan Rp100.000 (3 Maret) per orang.

Baca juga: Kisah Sukses Rudolf Bangun CV Krudut, Pabrik Furniture dengan Omzet 1,5 Juta Dollar AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com