Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Stasiun Rawa Buaya, KCI Beri Tarif Promo Kereta Bandara

Kompas.com - 01/03/2024, 11:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter (KCI) menerapkan tarif promo selama uji coba penambahan stasiun pelayanan kereta bandara Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta) yakni Stasiun Rawa Buaya mulai 1 Maret 2024.

Adapun tarif promo kereta bandara Commuter Line Basoetta dari Stasiun Rawa Buaya menuju Stasiun Duri atau sebaliknya sebesar Rp 10.000.

Sementara untuk tarif promo kereta bandara Commuter Line Basoetta tujuan Stasiun BNI City atau Stasiun Manggarai menjadi sebesar Rp 15.000 sedangkan tujuan Stasiun Bandara Soetta dengan tarif Rp 25.000.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, mulai hari ini KCI melakukan uji coba penambahan layanan pemberhentian perjalanan untuk naik turun penumpang kereta bandara di Stasiun Rawa Buaya.

Baca juga: Mulai 1 Maret 2024, KAI Uji Coba Stasiun Rawa Buaya untuk Kereta Bandara

Sebelumnya, kereta bandara Commuter Line Basoetta hanya melayani naik turun di Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batuceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

"Dengan penambahan pemberhentian stasiun ini, diharapkan Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta bisa menjadi alternatif pilihan transportasi lain bagi masyarakat di sekitar wilayah Tangerang untuk melakukan mobilisasi ke bandara ataupun ke wilayah-wilayah pusat perkantoran di sekitar Sudirman dan Manggarai atau pun sebaliknya," ujar Anne dalam keterangan tertulis, Kamis (29/2/2024).

Selain itu, KCI juga akan melakukan penyesuaian jadwal keberangkatan dan kedatangan perjalanan kereta bandara Commuter Line Basoetta di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Penyesuaian tersebut lebih cepat sekitar 3-4 menit dari awal pemberangkatan sebelumnya dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dan sekitar lebih lama 4-5 menit untuk tiba di Stasiun Bandara Soetta.

"KAI Commuter mengimbau dengan penyesuaian ini, para pengguna Commuter Line Basoetta dapat menyesuaikan kembali waktu perjalanannya sesuai dengan jadwal yang berlaku," ucapnya.

Baca juga: Jadwal Kereta Bandara Soekarno-Hatta dari Manggarai pada November 2023


Untuk pengaturan jalur pemberangkatan kereta bandara Commuter Line Basoetta untuk menuju Stasiun BNI City atau Stasiun manggarai akan dilayani di jalur 2 stasiun. Sedangkan pemberangkatan Commuter Line Basoetta tujuan Stasiun Bandara Soetta akan dilayani di jalur 3 stasiun.

KCI juga akan menambah fasilitas layanan berupa kursi di area tunggu peberangkatan Commuter Line Basoetta serta pemutakhiran gate elektronik di Stasiun Rawa Buaya sehingga bisa melayani transaksi KMT maupun tiket Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta.

Selain itu, secara bertahap akan menambahkan fasilitas layanan lainnya seperti penambahan toilet, parkir sepeda, kipas angin dan penambahan fasilitas dispenser air minum gratis.

Dengan melayani sebanyak 56 perjalanan tiap harinya, diprediksi Stasiun Rawa Buaya akan melayani pengguna Commuter Line Bandara yang naik maupun turun sebanyak 1.029 orang perharinya.

Di Stasiun Rawa Buaya setiap harinya melayani sebanyak 124 perjalanan Commuter Line Tangerang dengan rata-rata volume pengguna sebanyak 7.000 pengguna pada hari kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com