Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Aplikasi Merchant BCA, Pelaku Usaha Bisa Ajukan Mesin EDC dan QRIS Statis

Kompas.com - 02/03/2024, 18:12 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) meluncurkan aplikasi untuk para pelaku usaha, yakni aplikasi Merchant BCA. Aplikasi ini memfasilitasi berbagai layanan keuangan pelaku usaha.

Direktur BCA Santoso mengatakan aplikasi itu diluncurkan untuk memudahkan kebutuhan merchant, mulai dari pelaporan, pengelolaan keuangan, cek transaksi, hingga pengajuan infrastruktur sistem pembayaran mesin EDC dan QRIS Statis.

"Seperti tadi disampaikan sebetulnya kita ini bermula dari pain pointnya banyak pengusaha-pengusaha ketika dia mau mengajukan QRIS, EDC BCA mereka bingung mengajukan di mana," kata dia, dalam peluncuran BCA Merchant, di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (2/3/2024).

Baca juga: Promo KPR di BCA Expoversary 2024, Ada Bunga 2,67 Persen

"Merchant BCA hadir untuk menjawab poin-poin tersebut," sambungnya.

Oleh karenanya, Santos bilang BCA Merchant hadir dengan menawarkan sejumlah fitur andalan.

Pertama, fitur Merchant Care. Fitur ini memungkinkan merchant mendapatkan informasi dan solusi terkait EDC atau QRIS selama 24 jam dalam 7 hari penuh. Sebagai contoh, merchant bisa melaporkan gangguan terkait mesin EDC melalui fitur ini.

Kemudian, terdapat juga fitur Manajemen User. Fitur ini memungkinkan merchant untuk dengan leluasa mengatur hak akses untuk kebutuhan berbagai fungsi user, mulai dari super admin (owner), admin, finance, hingga hak akses untuk user kasir.

Baca juga: Promo Kredit Kendaraan di BCA Expoversary 2024, Ada DP 0 Persen

Selanjutnya, terdapat fitur real-time notifikasi transaksi, yang memungkinkan pengguna untuk mengelola transaksi keuangan. Pengguna dapat mengetahui transaksi EDC BCA & QRIS sekaligus memantau pendapatan secara real-time.

"Mitra merchant kini dapat melihat gambaran menyeluruh tentang transaksi keuangan mereka, sehingga memberdayakan mereka untuk membuat keputusan yang terinformasi," tutur Santoso.

Terakhir, terdapat juga fitur pengajuan EDC atau QRIS Statis. Lewat aplikasi Merchant BCA, pengguna dapat langsung mengajukan kedua infrastruktur sistem pembayaran tersebut.

Baca juga: Pembiayaan Startup BCA Turun dalam 6 Tahun Terakhir, Apa Sebabnya?

"BCA senantiasa berupaya menyediakan pelayanan terbaik bagi segenap nasabah tercinta, termasuk nasabah bisnis. Oleh karena itu, kami senantiasa berinovasi tidak hanya dari sisi business to consumer (B2C), namun juga pada segmen business to business (B2B)," ucap Santoso.

Adapun aplikasi Merchant BCA sudah dapat diunduh oleh pengguna melalui kanal App Store dan Google Play Store. Aplikasi ini dapat digunakan oleh para pelaku usaha basis individu atau badan usaha.

Baca juga: Simak Rincian Kurs Rupiah Hari Ini di CIMB Niaga hingga BCA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com