Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo-Gibran Bakal Bangun 3 Juta Rumah, Masalah "Backlog" Diharapkan Tuntas

Kompas.com - 04/03/2024, 11:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyambut baik rencana program pembangunan 3 juta rumah yang diusung calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran.

Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu mengatakan, pembangunan 3 juta rumah di perkotaan, pedesaan, dan pesisir ini akan sangat bagus selama skema pendanaannya dilakukan secara cermat.

"Kita lihat dari visi misinya saja, kan beliau menang (dari hasil quick count). Presidennya sudah kelihatan the next 5 years seperti apa. Kalau kita pelajari visi misi jelas di situ sudah membangun 3 juta rumah, tapi memang disebutin di situ ada pedesaan, ada pesisir, ada perkotaan," ujarnya saat ditemui di Indonesia Arena GBK, Jakarta, Minggu (3/3/2024).

Baca juga: Paylater BTN Bakal Meluncur Paling Lambat April 2024

Menurutnya, skema pendanaan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di kawasan perkotaan dapat menggunakan skema kredit pemilikan rumah (KPR) yang disubsidi.

Sementara untuk MBR di wilayah pedesaan, dapat menggunakan skema pendanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau renovasi.

"(Kawasan pedesaan) polanya enggak harus KPR, enggak harus berutang," kata Nixon.

Baca juga: BTN Rilis Logo Baru, Pesan Erick Thohir: Bantu Milenial Punya Rumah

Oleh karenanya, program pembangunan 3 juta rumah ini diharapkan dapat menuntaskan backlog perumahan di Indonesia yang saat ini sudah mencapai 12,7 juta.

Backlog adakah kondisi kesenjangan antara jumlah rumah terbangun dengan jumlah rumah yang dibutuhkan rakyat.

"Harus kita tuntaskan (masalah backlog di era Prabowo-Gibran)," ucapnya.

Seperti diketahui, pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dalam perhitungan cepat (quick count) yang diumumkan sejumlah lembaga survei.

Baca juga: BTN Luncurkan Logo Baru yang Lebih Segar, Ini Maknanya

Kedua pasangan capres dan cawapres itu berjanji akan membangun 3 juta rumah jika terpilih menjadi Presiden pada Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Prabowo dalam debat capres kelima di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). Prabowo menyebut 3 juta rumah itu akan diberikan kepada rakyat yang tidak punya rumah.

"1 juta di pedesaan, 1 juta di pesisir, 1 juta di perkotaan," katanya.

Baca juga: Menteri PUPR Basuki Minta BTN Turunkan Bunga KPR Nonsubsidi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com