Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Pastikan Harga Tiket Pesawat Tak Langgar TBA Selama Mudik Lebaran 2024

Kompas.com - 06/03/2024, 19:11 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memastikan harga tiket pesawatnya tidak akan melebihi ketentuan tarif batas atas (TBA) selama periode mudik Lebaran 2024.

Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia Ade R. Susardi mengatakan, untuk itu pihaknya akan memastikan biaya operasional perusahaan dapat dipenuhi dari tarif tiket yang ditetapkan.

"Kita tidak akan lebih dari TBA," ujarnya saat ditemui di Gedung Indosat Ooredoo Hutchison, Jakarta, Rabu (6/3/2024).

Adapun salah satu strategi untuk menutup biaya operasi ialah dengan memberikan promo tiket pesawat untuk penerbangan ke Jakarta.

Baca juga: Garuda Indonesia Tambah Jadwal Terbang PP ke Australia, Korsel dan Jepang Mulai 31 Maret

Sebab selama periode mudik, biasanya tiket lebih banyak dibeli untuk penerbangan ke daerah sedangkan penerbangan ke Jakarta tidak banyak peminatnya.

"Kalau orang pulang ke kampung, semua pulang ke kampung terus yang ke Jakarta enggak ada, kita coba ada promosi-promosi kita untuk terbang ke Jakarta di periode tertentu itu harganya juga spesial," ucapnya.

Dia mengungkapkan, dalam setiap layanan penerbangan Garuda Indonesia, perusahaan telah mengalokasikan sejumlah kursi sub-class dengan harga tiket yang lebih rendah.

Namun memang harga tiket pesawat akan cenderung tinggi mendekati TBA ketika tingkat keterisian kursi pesawat tersebut hampir penuh.

Oleh karenanya, jika masyarakat ingin membeli tiket pesawat dengan harga yang murah, maka harus membeli dari jauh-jauh hari.

"Jadi belilah tiket cepat-cepat. Beli tiket itu harus cepat-cepat, alokasinya lumayan banyak kok yang di sub-class yang lebih rendah," tuturnya.

Baca juga: Garuda Indonesia Tambah Frekuensi Penerbangan di 5 Rute Internasional

 


Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berharap agar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dapat mengumpulkan maskapai penerbangan agar tidak menaikkan harga tiket pesawat saat mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Hal tersebut penting agar angkutan udara tidak lagi penyumbang inflasi saat HKBN Idul Fitri maupun Natal dan tahun baru.

Selain itu, dia juga mengimbau para maskapai penerbangan agar tidak memanfaatkan momen mudik Lebaran untuk menaikkan harga tiket pesawat.

“Kami mohon betul kalau bisa dikumpulkan teman-teman airlines (oleh Kementerian Perhubungan) supaya (maskapai penerbangan) janganlah mengambil harga patokan tertinggi, tapi ya yang wajar, yang biasa,” kata Tito dalam Rapat Koordinasi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan Idul Fitri 1445 Hijriah di Jakarta, Senin (4/3/2024).

Baca juga: Maskapai Kompak Tebar Diskon Tiket Pesawat, Kemenhub Awasi agar Tak Ada Perang Tarif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com